Chiki Fawzi Bawakan Lagu Terinspirasi Uighur di RJF 2019

Chiki Fawzi (Instagram/chikifawzi)

Arah - Chiki Fawzi membawakan 'Bandara', lagu terbaru yang terinspirasi pengungsi muslim Uighur, Cina, pada Ramadan Jazz Festival (RJF) di Masjid Cut Meutia, Jakarta. Dia mendapatkan ide lagu "Bandara" ketika bertemu Muslim Uighur di Turki saat perjalanan reportasenya untuk program televisi swasta.

"Lagu ini terinspirasi ketika saya bertemu muslim Uighur. Judulnya 'Bandara'," kata Chiki, mengawali lagu keduanya saat tampil pada Ramadan Jazz Festival, Jakarta, Sabtu (18/5/2019) malam.

Ditemui usai manggung di event jazz tahunan hasil kerja sama Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) dengan WartaJazz itu, menceritakan perihal inspirasi lagunya. Ketika itu, Chiki dan kawan-kawan memang rindu makan nasi yang susah sekali dijumpai di negara lain, namun tak disangka mereka malah disuguhi oleh pengungsi Uighur.

"Ketika saya tanya, kenapa Ibu malah menyuguhi kami? Mereka menjawab, sudah kewajiban kami menjamu tamu karena itu adalah sunnah, di situlah saya berkaca-kaca," ungkapnya.

Chiki mengaku banyak belajar dari kehidupan pengungsi Muslim Uighur yang menceritakannya langsung, termasuk kerinduan mereka dengan keluarganya.

"Anda rindu sama keluarga bisa mudah 'video call'. Saya rindu suami anak saya', kata mereka. Mereka berharap bisa bertemu lagi di surga," ujarnya, menirukan ucapan salah satu pengungsi.

Chiki kembali teringat dengan kisah para pengungsi Uighur, ketika cukup lama menunggu transit pesawat di bandara melihat penumpang datang dan pergi.

"Saya melihat banyak kejadian di bandara. Ada yang pergi, ada yang sedih ditinggalkan. Bandara ini kayak miniatur hidup, cuma tempat transit aja," kata Chiki dilansir antara.

Chiki membawakan tiga lagu pada kesempatan itu, yakni "Halo Jelita, "Bandara", dan "Belukar Dunia".

"Di acara ini, orang datang sambil beramal. Ini jadi ladang amal bagi banyak orang. Makanya, saya seneng banget bisa tampil di Ramadhan Jazz Festival ini," kata putri penyanyi Ikang Fawzi itu.

'Ramadhan Jazz Festival 2019' sudah memasuki tahun kesembilan yang pada Ramadhan 1440 Hijriah ini mengangkat tema "Love Unites All" dengan tagline #Embrace Togetherness".

Baca Juga: Melly Goeslaw Ajak Warga Sulsel Donasi di Konser Amal Palestina
Perjalanan Karir Bermusik Nissa Sabyan Difilmkan

Berlangsung selama dua hari, mulai 17-18 Mei 2019, deretan artis dan penyanyi bergantian tampil, seperti Rizky Febian, Ecoutez, Maliq D'Essentials, dan Glenn Fredly pada hari pertama.

Pada hari kedua, giliran Tosca, Chiki Fawzi, Andre Hehanussa, Element Reunion, Barsena Bestandhi & Olivia Pardede, HiVi!, dan international performer Ramadan Jazz Festival 2019, Jeremy Passion.

Berita Terkait

Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI? Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI?
KAI Tawarkan Diskon Tiket Kereta 40 Persen KAI Tawarkan Diskon Tiket Kereta 40 Persen
Bintang Pop Internasional Akan Ramaikan Konser Amal Manchester Bintang Pop Internasional Akan Ramaikan Konser Amal Manchester

#Ramadhan Jazz Festival #Chiki Fawzi #Konser Amal #Konser Jazz #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar