PAN Akan Gugat Hasil Rekapitulasi Pileg di 5 Dapil

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (foto/arah/ Dini)

Arah - Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengakui hasil rekapitulasi Pemilu 2019 untuk Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden. Namun pihaknya keberatan dengan rekapitulasi suara di lima daerah pemilihan yang dinilainya merugikan PAN.

"Kami mengakui kemenangan Pak Jokowi, Pemilu Legislatif dan DPD RI, kami mengakui hasil KPU. Saya kan selain ketum partai adalah Ketua MPR, mengerti konstitusi kita," ujar Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan, terkait Pilpres, PAN mengakui hasil rekapitulasi KPU. Dia menambahkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi memiliki hak untuk menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Ketua MPR RI itu, MK merupakan lembaga resmi yang akan menilai apakah dalam proses Pemilu 2019 ditemukan adanya kecurangan atau tidak.

"BPN bisa menyampaikan, jadi kita masuk ke institusi resmi sehingga masing-masing bisa menyajikan data dan itu sesuai koridor konstitusi," ujarnya.

Baca Juga: Setelah Demo Hingga Malam, Massa Aksi di Bawaslu Bubarkan Diri
Demokrat Pastikan Tak Ikut Aksi 22 Mei

Untuk Pileg, lanjut dia, PAN akan menggugat hasil rekapitulasi di lima daerah pemilihan (dapil) antara lain Jawa Tengah dan Sulawesi Utara. PAN keberatan dengan suara di lima daerah pemilihan yang dirasa merugikan partainya.

"Kita ada menggugat lima dapil, ada Sulut, Jateng, dan beberapa dapil, yang akan kita bawa ke MK. Kita tanda tangan dengan catatan lima dapil gugat ke MK," kata Zulkifli.(ant)

Berita Terkait

Patrialis Akbar Kena OTT KPK, Komisi III DPR Angkat Bicara Patrialis Akbar Kena OTT KPK, Komisi III DPR Angkat Bicara
KPU Siap Hadapi Gugatan BPN Prabowo-Sandi                        KPU Siap Hadapi Gugatan BPN Prabowo-Sandi
Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?

#PAN #Zulkifli Hasan #Mahkamah Konstitusi #kpu #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar