Menkominfo Batasi Media Sosial dan WhatsApp

Aplikasi WhatsApp (Pixabay)

Arah - Pemerintah membatasi akses media sosial, terutama pada layanan messaging seperti WhatsApp. Pembatasan tersebut adalah pengiriman dalam bentuk video dan foto. Sedangkan layanan SMS dan voice tidak bermasalah.

"Teman teman akan mengalami pelambatan kalau download dan upload video. Karena viralnya yang negatif mudharotnya ada di sana (layanan messaging-red). Pembatasan ini bersifat sementara dan bertahap," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

"Fitur-fitur media sosial tidak semuanya dan messaging system juga. Kita tahu modusnya adalah posting di medsos. FB (Facebook), Instagram dalam bentuk video, meme, foto. Kemudian screen capture hoax itu disebarkan melalui WhatsApp. Dan karena viralnya makanya kita batasi," jelasnya.

Baca Juga: Facebook Tanggapi Pembatasan Media Sosial Terkait Aksi 22 Mei
Pantau Kinerja Anggota Legislatif, PKB Jabar Akan Buat Aplikasi

Rudiantara mengungkapkan WhatsApp menjadi muara dari berbagai foto atau video yang sebelumnya beredar di media sosial sehingga perlu dibatasi untuk sementara.

"Di media sosial Facebook, Instagram, Twitter, kita kadang posting teks video, viralnya selalu di messaging system. Pintu yang kita prioritaskan tidak kita aktifkan adalah video dan foto-foto, gambar," pungkasnya. 

Berita Terkait

Bikin Usaha Non-profit, Salah Satu Pendiri WhatsApp 'Resign' Bikin Usaha Non-profit, Salah Satu Pendiri WhatsApp 'Resign'
Ini Penjelasan Kominfo Soal Laman Pengalihan yang Berisi Iklan Ini Penjelasan Kominfo Soal Laman Pengalihan yang Berisi Iklan
Kominfo akan Blokir Whatsapp Jika... Kominfo akan Blokir Whatsapp Jika...

#Kemenkominfo #WhatsApp #Media Sosial #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar