Pelaku Bisnis Online Keluhkan Shut Down Media Sosial

Ilustrasi penjualan online (Pxhere)

Arah - Pelaku usaha bisnis yang memanfaatkan media sosial mengeluhkan adanya “shut down medsos” beberapa waktu lalu.

“Yang terganggu itu penggiat bisnis online pemula, yang memanfaatkan facebook, whatsApp, Instagram dan medsos lainnya,” kata ketua komunitas tokopedia Jambi Ruslan.

Dijelaskan Ruslan seperti dilansir antara, terganggu tidaknya bisnis online tergantung dari platform bisnis yang digunakan. Jika menggunakan aplikasi e-commerce atau marketplace tidak terpengaruh shut down medsos karena komunikasi dilakukan menggunakan platform yang disediakan aplikasi tersebut.

Sedangkan pelaku bisnis online yang menggunakan media sosial sangat terpengaruh karena komunikasi yang dilakukan memanfaatkan media sosial tersebut.

“Kalau aplikasi yang saya bilang, kita komunikasi menggunakan fitur chat yang ada di aplikasi itu, kalau komunikasinya pakai medsos seperti whatsApp itu sangat berpengaruh,” kata Ruslan.

Salah seorang pelaku bisnis on line, Rika yang memanfaatkan media sosial mengatakan shut down medsos sangat berpengaruh terhadap pemesanan barang yang dilakukan secara on line.

“Ya terganggu lah, soalnya saat mau mengirim foto-foto contoh dagangan tidak bisa, sehingga sebagian minta dibatalkan kemarin,” kata Rika.

Baca Juga: Menkominfo Batasi Media Sosial dan WhatsApp
KPPU Selidiki Dugaan Kartel Tiket Penerbangan Domestik

Ruslan menyarankan kepada pelaku bisnis online agar tidak hanya memanfaatkan satu jenis platform aplikasi. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan di salah satu platform atau media sosial, platform lainnya masih dapat dimanfaatkan.

Berita Terkait

Mengharukan, Begini Cerita Bondan tentang Riwayat Penyakitnya Mengharukan, Begini Cerita Bondan tentang Riwayat Penyakitnya
Kembangkan Bisnis, Ini Tips Jaring Pelanggan Baru Kembangkan Bisnis, Ini Tips Jaring Pelanggan Baru
16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki

#bisnis online #Pelaku Usaha #Media Sosial #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar