Belum Laporkan LHKPN, Caleg Tak Bisa Dilantik

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah (Foto: Dok.Arah.com/ May Rahmadi)

Arah -  KPK sudah menerima 36.741 Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) calon anggota legislatif. Bila caleg belum melaporkan e-LHKPN milik mereka, sesuai aturan KPU tidak bisa dilantik. 

"Sejak pendaftaran calon anggota tetap legislatif sampai dengan 29 Juni 2019 kemarin hasilnya sudah diumumkan KPU, ada 36.741 orang caleg yang sudah melaporkan kekayaannya ke KPK," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK Jakarta, Jumat.

Meja pelayanan tambahan untuk pelaporan LHKPN dibuka KPK di Gedung ACLC sejak 22-29 Mei 2019.

"Dari 36 ribu LHKPN ini sudah diterbitkan tanda terima sehingga bisa diterbitkan untuk proses lebih lanjut di KPU," ungkap Febri.

Dari jumlah 36.741 LHKPN itu termasuk juga caleg yang gagal masuk menjadi anggota parlemen.

"Memang 36.741 LHKPN itu bukan semua caleg terpilih karena di awal-awa sejak DCT (Daftar Calon Tetap) diumumkan ada beberapa caleg sebelum pemilu sudah lapor kekayaan untuk berjaga-jaga. Tentu data finalnya pada data KPU setelah KPU menetapkan caleg terpilih. Batas waktu 7 hari setelah KPU menetapkan," jelas Febri.

Baca Juga: KPK Terima Laporan Gratifikasi Terkait Idul Fitri 1440 H
Seorang Anak Tewas di Lubang Bekas Tambang Batubara

KPK juga telah mendapatkan surat dari KPU. Pada pokoknya KPU telah mengingatkan seluruh jajarannya di provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia agar tanda terima pelaporan LHKPN yang diakui untuk proses lebih lanjut adalah tanda terima yang dikeluarkan KPK sejak 20 September 2018 yaitu sejak saat Daftar Calon Tetap (DCT) diterbitkan KPU.

Jika calon anggota legislatif telah melaporkan LHKPN sebagai caleg dan mendapatkan tanda terima sejak 20 September 2018, tanda terima tersebut dapat digunakan untuk disampaikan pada KPU paling lambat nanti setelah KPU menerbitkan penetapan caleg terpilih. (ant)

Berita Terkait

Sering Bantu Transfer, Penjaga Malam Terpilih Jadi Anggota Dewan Sering Bantu Transfer, Penjaga Malam Terpilih Jadi Anggota Dewan
KPK Serahkan Aset Rampasan Kasus Korupsi ke Polri KPK Serahkan Aset Rampasan Kasus Korupsi ke Polri
Pelaporan LHKPN Bisa Bantu Cegah Korupsi Pelaporan LHKPN Bisa Bantu Cegah Korupsi

#kpk #kpu #Caleg #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar