Beda Lebaran di Inggris dengan Indonesia Versi Moazzam Malik

Duta Besar Kerajaan Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, ditemui usai solat Idul Fitri 1440 H, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/6/2019). (ANTARA/Bayu Prasetyo)

Arah -  Duta Besar Kerajaan Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, mengungkap perbedaan puasa ramadan dan perayaan Idul Fitri di negaranya dengan di Indonesia. Salah satunya keberadaan menu penganan kolak pisang.

"Menu favorit saya pasti kolak pisang," ujarnya usai mengikuti Salat Idul Fitri 1440 H/2019 Masehi, di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Untuk menu hari Lebaran, Malik mengatakan diriya gemar menyantap menu yang mengandung santan kelapa, seperti opor ayam lengkap dengan ketupat.

Perbedaan lainnya, kata dia, suasana perayaan Idul Fitri di Indonesia lebih meriah dibanding Inggris karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Kendati demikian, tidak ada hambatan bagi umat Islam berpuasa di Inggris maupun yang hendak merayakan Idul Fitri.

"Jadi kalau mau berpuasa atau ambil cuti untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri tidak ada masalah, dan sekarang sudah banyak umat muslim tinggal di Inggris. Kira-kira lima persen warga Inggris beragama Islam, sementara di kota besar, misalnya di ibu kota, hampir 10 persen," ujar Malik.

Sementara terkait isi khotbah Salat Idul Fitri 1440 H di Masjid Istiqlal, Moazzam mengatakan maknanya adalah persahabatan dan umat yang kembali fitri. Persahabatan itu patut dirajut baik antar sesama muslim maupun dan umat beragama lain.

"Itu saya kira cara untuk memajukan bangsa yang berhasil. Tidak hanya di Indonesia tapi juga ini pesan untuk negara-negara lain termasuk negara saya Inggris," kata dia.

Baca Juga: Mahfud: Nilai Idul Fitri dalam Konteks NKRI Adalah Bersatu
Rudiantara Minta Maaf Bila Kebijakannya Mengganggu

Malik telah bertugas selama lima tahun di Indonesia, dan akan mengakhiri masa dinasnya sebagai duta besar dan kembali ke Inggris pada akhir Juni 2019.(ant)


Berita Terkait

Tetap Olah Raga Saat Puasa, Lebih Baik Sore Atau Malam? Tetap Olah Raga Saat Puasa, Lebih Baik Sore Atau Malam?
Cerita Ayudia Bing Slamet Siapkan Menu Sahur dan Buka Puasa Cerita Ayudia Bing Slamet Siapkan Menu Sahur dan Buka Puasa
Ini Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadan 1440H Ini Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadan 1440H

#Idul Fitri #Ramadan #Puasa #Inggris #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar