Taipei Targetkan Kunjungan Wisatawan Muslim Indonesia

Menara Taipei 101, salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Berada di jantung kota Taipei, ibukota Taiwan. (Foter/Leo Photography/Wang Wei Zheng )

Arah - Pemerintah Kota Taipei membidik kunjungan wisatawan muslim Indonesia. Selain dengan melibatkan para buruh migran, Pemkot Taipei juga menyediakan berbagai fasilitas dan akomodasi pariwisata di Ibu Kota Taiwan bersertifikat halal.

“Kami ingin Taipei jadi kota yang nyaman bagi umat Islam. Besok kami akan kumpulkan para pendatang muslim dari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Informasi dan Pariwisata Kota Taipei Liu Yi Ting, Sabtu.

Pemkot Taipei memfasilitasi acara halal bi halal para tenaga kerja Indonesia di Taman Daan, Minggu (9/6/2019), sebagai bagian dari strategi menarik minat wisatawan Indonesia. Upaya lainnya dengan  memperbanyak petunjuk arah yang jelas menuju musala atau masjid di beberapa tempat strategis.

Dia menyebutkan pada 2018 Kota Taipei menerima sekitar 210 ribu wisatawan dari Indonesia.

“Dibandingkan tahun sebelumnya ada kenaikan 10 persen,” kata alumnus National Taiwan Normal University (NTNU) itu.

Meski bukan kota muslim, Taiwan masuk daftar tiga besar kota di dunia yang ramah kepada wisatawan muslim. Beberapa hotel berbintang berlomba-lomba mendapatkan sertifikat halal dari asosiasi muslim setempat, seperti Howard Plaza Hotel yang sudah dua tahun ini memperoleh sertifikat halal.

Wali Kota Taipei Ko Wen Je sebelumnya menyampaikan rencana pembangunan rumah sakit bersertifikat halal untuk mendapatkan pasien muslim dari beberapa negara di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Baca Juga: Ada 'Wonderful Indonesia' di Piala Dunia Wanita 2019
Jumlah Wisatawan Tembok Besar Cina Dibatasi per 1 Juni

Sayangnya upaya menggaet wisatawan muslim dari Indonesia itu tidak diimbangi dengan kebijakan bebas visa kunjungan singkat seperti yang dilakukan Hong Kong, Makau, dan beberapa kota di Cina.

“Kebijakan visa itu tanggung jawab pemerintah pusat. Kami juga sudah mengupayakannya, tapi pusatlah yang menentukan,” kata Liu.

Berita Terkait

Pengen Liburan Halal? Negara Ini Bisa Jadi Referensi Kamu Lho Pengen Liburan Halal? Negara Ini Bisa Jadi Referensi Kamu Lho
BMKG: Sebagian Jakarta Diprediksi Hujan Siang Ini BMKG: Sebagian Jakarta Diprediksi Hujan Siang Ini
Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara

#Taiwan #Wisatawan Muslim #kunjungan wisatawan #sertifikat halal #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar