Kemenhub Gandeng Polti Tindak Tegas Penerbangan Balon Udara Liar

Ilustrasi balom udara (Pxhere)

Arah -  Kementerian Perhubungan menggandeng Polri dalam penindakan terhadap pelaku penerbangan balon udara liar yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan pesawat udara.

"Hari ini kami akan menyamakan persepsi dengan Polri untuk melakukan penindakan terhadap pelanggaran hukum yang terkait dengan penerbangan balon udara liar," ujar Kasubdit penyidik PPNS Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Rudi Richardo di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Minggu.

Kemenhub prihatin dengan kegiatan penerbangan balon udara liar karena banyak balon udara yang dapat terlihat dari pesawat udara.

"Balon udara yang melintas di wilayah udara tersebut dapat membahayakan keselamatan penerbangan pesawat udara," katanya.

Selama ini, lanjut dia, telah banyak laporan terutama dari pilot pesawat udara yang melihat balon udara terbang lepas di udara.

"Kami sudah terima banyak laporan yang disampaikan pilot, banyak balon udara yang lepas di wilayah penerbangan pesawat udara, padahal Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan peraturan yang mengatur tentang tata cara pengoperasian balon udara," katanya.

Rudi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian, baik di Polres Wonosobo, Jawa Tengah, maupun polres-polres yang lokus kejadiannya banyak beroperasi balon udara liar. Koordinasi ini untuk menyamakan persepsi dalam penegakan hukum atas pelanggaran penerbangan balon udara liar.

"Selama ini ada hukum spesialis dan hukum umum. Hukum umum ini yang akan kami koordinasikan," katanya.

Baca Juga: Perahu Ditumpangi Wisatawan Terbalik, Satu Orang Tewas
Kemenhub: Transportasi Udara Angkutan Lebaran Turun 20-30 Persen

Dia berharap proses penegakan hukum terhadap kelalaian maupun kesengajaan yang dapat membahayakan penerbangan dapat dilakukan dengan tepat.

"Pengoperasian balon udara masuk kawasan pengoperasian penerbangan udara, melanggar pasal 421 UU No 1 tahun 2009 tentang Penerbangan. Kami akan bekerja sama dengan kepolisian untuk penegakkan hukum. Siapapun yang melanggar dapat dipidanakan dengan ancaman tiga tahun," pungkasnya.(ant)

Berita Terkait

Menhub: Tradisi Balon Udara Ganggu Listrik Tenaga Tinggi Menhub: Tradisi Balon Udara Ganggu Listrik Tenaga Tinggi
Polisi Sita 18 Kg Sabu-sabu di Kampung Ambon Polisi Sita 18 Kg Sabu-sabu di Kampung Ambon
Menhub: Segera Balik Mudik Besok atau Senin Depan Menhub: Segera Balik Mudik Besok atau Senin Depan

#Balon Udara #Keselamatan Penerbangan #Kemenhub #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar