Pernah Berjaya, Kini Startup Sepeda Online Ini Terjerat Utang

Ilustrasi bisnis sepeda online (Pixabay)

Arah -Perusahaan sewa sepeda online atau bike sharing yang pernah populer, satu per satu berguguran. Kabar terbaru, Ofo salah satu startup asal Cina yang bergerak di bisnis ini mulai goyang.

Dokumen pengadilan menyebutkan, Ofo tidak mampu membayar utangnya yang menumpuk. Nilai utang Ofo pada produsen sepeda Tianjin Fuji-Ta Bycicle Co sebesar 36 juta dolar AS atau sekitar Rp508 miliar. Tianjin Fuji-Ta Bycicle Co adalah pemasok sepeda mereka.

Tianjin Fuji-Ta mengadukan Ofo ke pengadilan Tianjin karena kesulitan dalam membayar utang. Bahkan belakangan diketahui Ofo sama sekali tidak memiliki aset apa pun baik dalam bentuk properti, tanah atau kendaraan untuk membayar utang.

Tak hanya itu, rekening bank Ofo juga telah dibekukan karena kasus lain tanpa saldo sedikit pun.

Dilansir Asia Times, jajaran eksekutif Ofo termasuk para pendirinya, Dai Wei dan Yang Pinjie serta General Manager Chen Jing masuk daftar hitam pengadilan.

Ofo merupakan pelopor sewa sepeda online Cina. Mereka sempat berjaya saat menjadi startup dengan nilai valuasi 2 miliar dolar AS.

Startup ini memberikan kemudahan bagi penyewa sepeda. Hanya dengan scan kode QR, penyewa dapat menggunakan sepeda dan setelah selesai bisa ditinggalkan di mana saja.

Baca Juga: LRT Sudah Bisa Digunakan Bertepatan HUT DKI Jakarta ke-492
Ini Negara Asia Tenggara Pertama Gulirkan Layanan 5G

Pada masa kejayaannya, Ofo melakukan ekspansi ke 20 negara mulai dari Prancis, Australia hingga Amerika Serikat. Titik balik Ofo terjadi ketika mereka terlalu agresif berusaha membukukan pertumbuhan secepat mungkin. Selain itu tantangan lain bermunculan mulai dari persaingan yang semakin ketat, regulasi hingga kerusakan sepeda karena vandalisme

Berita Terkait

Mau bikin Startup? Yuk Belajar dari Para CEO Ini Mau bikin Startup? Yuk Belajar dari Para CEO Ini
Mesin Tapping OK-OTrip Mulai Dipasang Dalam Bus Jakarta Mesin Tapping OK-OTrip Mulai Dipasang Dalam Bus Jakarta
Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab

#bisnis online #Startup #sepeda #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar