Nama Setya Novanto Disebut dalam Dakwaan Sofyan Basir

Dok. Mantan Ketua DPR Setya Novanto. (Foto: dpr.go.id)

Arah - Direktur Utama PLN nonaktif Sofyan Basir menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan jaksa di Pengadilan Negeri Tipikor, Senin (24/6/2019). Dalam surat dakwaan jaksa muncul nama terpidana kasus korupsi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Setya Novanto.

Dalam surat dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Lie Putra Setiawan, peran Setnov memfasilitasi pertemuan Sofyan dengan pihak-pihak yang tersangkut kasus suap proyek PLTU Riau-1. Mereka adalah Johannes Kotjo dan mantan Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih.

Setnov sempat bertemu dengan pengusaha Blackgold Natural Resources, Johannes Kotjo. Pada pertemuan di ruang kerja Fraksi Golkar pada 2016 itu, Kotjo meminta bantuan Setnov agar bisa berkoordinasi dengan PT PLN terkait proyek PLTU RIAU-1. Setnov kemudian memperkenalkan Kotjo dengan Eni.

"Pada kesempatan itu Setya Novanto menyampaikan kepada Eni Maulani Saragih agar mengawal Johanes Budisutrisno Kotjo dalam proyek PLTU," ujar Jaksa.

Setnov juga memfasilitasi pertemuan antara Eni, Kotjo dengan Sofyan Basir di kediamannya. Setelah pertemuan itu, Sofyan kembali melakukan pertemuan dengan Eni dan Kotjo di Hotel Mulia Senayan membahas proyek pembangunan PLTU RIAU-1 dan Jawa sesuai pesan Setnov sebelumnya.

Pada pertemuan itu, Sofyan menyarankan Johanes Kotjo agar ikut proyek di Riau karena di Jawa sudah melebihi kapasitas. Saran itu disanggupi Kotjo.

Baca Juga: 5 Paket Kebijakan Ini Diharapkan Dorong Investasi Sektor Properti
Penggunaan O-Bahn untuk Transportasi Massal Dikaji

Pada Juli 2017 Setnov ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP. Setelah Setnov menjadi tersangka, Eni berkoordinasi dengan Idrus Marham.

Sementara itu, jaksa mendakwa Sofyan Basir telah memberikan kesempatan, sarana dan keterangan agar sejumlah pihak menerima suap terkait proyek PLTU Riau-1. Pihak dimaksud adalah Eni M Saragih, pengusaha Blackgold Natural, Johannes B Kotjo, dan mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham.

Berita Terkait

Novanto Diperiksa Sebagai Saksi untuk Tersangka Sofyan Basir     Novanto Diperiksa Sebagai Saksi untuk Tersangka Sofyan Basir
Berkas Perkara Sofyan Basir Dilimpahkan ke Pengadilan Berkas Perkara Sofyan Basir Dilimpahkan ke Pengadilan
Sofyan Basir Akan Jalani Sidang Perdana Kasus Suap PLTU Riau-1   Sofyan Basir Akan Jalani Sidang Perdana Kasus Suap PLTU Riau-1

#sofyan basir #Setya Novanto #pltu riau-1 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar