Hanya Pelatih Ini yang Bisa Perlakukan Messi dengan Tepat

Megabintang Lionel Messi (foter)

Arah - Mantan pelatih Barcelona Louis Van Gaal menilai sejauh ini baru Pep Guardiola satu-satunya pelatih yang bisa memperlakukan Lionel Messi dengan tepat. Kerja sama Guardiola-Messi menghasilkan banyak kesuksesan selama periode 2008-2012. 

Di era Guardiola yang mempopulerkan tiki-taka., Messi menjadi kartu as Guardiola untuk mengisi lemari Barcelona dengan tambahan trofi. Selama di Camp Nou, Guardiola-Messi menumbang 14 trofi juara di berbagai ajang, tiga di antaranya di pentas La Liga dan dua lagi di Liga Champions.

Setelah Guardiola meninggalkan Barcelona pada Juni 2012, tercatat sudah ada empat pelatih yang melatih di Camp Nou. Mereka adalah Tito Vilanova, Gerardo Martino, Luis Enrique dan Erneste Valverde yang akan memasuki musim ketiganya bersama Blaugrana. 

Bersama pelatih lainnya, Messi memang masih tetap membawa Barca berjaya di level domestik. hanya bisa memenangi satu trofi Liga Champions musim 2014-15 bersama Luis Enrique. Setelah itu, Messi dan Barcelona selalu gagal mengulang kesuksesan di kompetisi kasta tertinggi Eropa itu.

Musim lalu misalnya, Barca tersingkir secara mengenaskan di semifinal Liga Champions. SEmpat unggul telak 3-0 pada leg 1 di Camp Nou, skuat Valverde dihakar Liverpool 4-0 pada leg 2 di Anfiled, sehingga kalah agregat 3-4. 

Baca Juga: Rombak Skuat Juventus, Ini Harapan Sarri pada Ronaldo
Jepang Gagal Lolos, Ini 8 Kontestan Perempatfinal Copa America

Sebelumnya, Van Gaal mengatakan Messi merupakan penyebab utama Barcelona selalu gagal memenangi trofi Liga Champions. Menurut eks manjer Manchester United itu, seharusnya La Pulga beradaptasi dengan tim dan bukan sebaliknya, tim yang mengikuti  dia.

Selain itu Van Gaal juga menyoroti, kegagalan Barcelona meraih trofi Liga Champions karena faktor pelatih. Setelah Guardiola, lanjut dia, tak ada pelatih lain yang bisa memperlakukan Messi dengan tepat.

“Guardiola membuatnya bermain untuk kepentingan tim tetapi beberapa pelatih terakhir terlalu banyak beradaptasi dengan Messi daripada melindungi semangat tim. Semangat tim adalah hal yang paling penting," tandasnya pada El Pais.

Berita Terkait

Real Madrid Tersingkir, Saatnya Barcelona Juara Liga Champions?  Real Madrid Tersingkir, Saatnya Barcelona Juara Liga Champions?
Sebut Ronaldo Selevel, Messi Rindu Rivalitasnya dengan CR7 Sebut Ronaldo Selevel, Messi Rindu Rivalitasnya dengan CR7
Konsistensi Ketajaman Lionel Messi Terus Dipuji Konsistensi Ketajaman Lionel Messi Terus Dipuji

#Lionel Messi #Pep Guardiola #Barcelona #Liga Champions #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar