Ekonomi Inklusif hingga Industri Halal Jadi Fokus KTT IMT-GT

Presiden Jokowi menghadiri sidang pleno KTT ASEAN, di Hotel Athenee, Bangkok, Thailand, Sabtu (22/6). (Foto: Dinda M/Humas/setkab)

Arah - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-12 di Bangkok, Thailand, Minggu, (23/6/2019). KTT IMT-GT ini sebagai bagian dari rangkaian KTT ASEAN 22-23 Juni 2019 lalu. 

Dikutip dari situs Kemenko Perekonomian, Presiden menyampaikan tiga hal yang menjadi pandangan nasional Indonesia dalam kerja sama tiga negara itu.

Pertama, pengembangan dan penyelesaian proyek-proyek konektivitas fisik, sejalan dengan salah satu fokus implementasi IMT-GT Vision 2036. Pengembangan konektivitas fisik juga diperlukan dalam mendorong pengembangan bidang pariwisata di kawasan IMT-GT.

Salah satu potensi besar yang ada adalah untuk marine tourism yang meliputi pariwisata cruise dan yacht serta pengembangan sumber daya manusia pelaku usaha sektor pariwisata.

"Kerja sama IMT-GT telah banyak berkontribusi dalam membangun perekonomian sub-kawasan, termasuk meningkatkan daya saing di daerah-daerah, meningkatkan konektivitas, serta meningkatkan nilai perdagangan, pariwisata, dan investasi," ujar Presiden Jokowi.
  
Kedua, pentingnya pertumbuhan ekonomi di kawasan IMT-GT bersifat berkelanjutan dan inklusif. Dalam hal ini, Presiden menilai sektor pertanian memiliki peran penting dalam berkontribusi kepada pembangunan berkelanjutan dan inklusif di sub-kawasan ini.
 
"Komoditas seperti karet dan kelapa sawit memiliki multiplier efek besar terhadap perekonomian masyarakat IMT-GT. Untuk itu, kita perlu untuk terus tingkatkan kerja sama konkret dalam memajukan industri karet dan kelapa sawit," jelasnya.

Baca Juga: 5 Paket Kebijakan Ini Diharapkan Dorong Investasi Sektor Properti
Penggunaan O-Bahn untuk Transportasi Massal Dikaji

Ketiga, kerja sama IMT-GT perlu mendorong penguatan kerja sama sektor-sektor usaha UKM halal yang berorientasi ekspor maupun halal start-up.
 
"Dalam kaitan ini, Indonesia bermaksud menyelenggarakan Halal Summit 2020 pada bulan Oktober 2020. Indonesia mengharapkan Halal Summit membuka peluang industri halal di kawasan kita," tandasnya.

Berita Terkait

Jadwal Operasi MRT Jakarta Fase I Jadwal Operasi MRT Jakarta Fase I
Presiden Jokowi Ingatkan Dampak Perang Dagang AS-Cina            Presiden Jokowi Ingatkan Dampak Perang Dagang AS-Cina
Presiden: kontruksi Indonesia setara dengan Jepang dan Jerman Presiden: kontruksi Indonesia setara dengan Jepang dan Jerman

#KTT Asean #presiden jokowi #Halal #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar