KPU Berharap Paslon Hadiri Penetapan Capres-Cawapres Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (Dok.KPU)

Arah - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Ruang Sidang Utama Gedung KPU RI, Minggu (30/6/2019) . KPU mengundang sejumlah pihak untuk hadir termasuk paslon 01 dan 02. 

Rapat pleno ddigelar pasca keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2019, Kamis (27/6/2019). Dalam putusannya, MK menolak selutruh gugatan yang diajukan pemohon yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.  

Sebagaimana diketahui KPU RI diwajibkan menetapkan calon terpilih tiga hari setelah keluarnya putusan MK.

“Rapat pleno terbuka tersebut akan dimulai pada pukul 15.30 WIB dan diperkirakan pada pukul 17.00 WIB sudah selesai,” ujar Ketua KPU RI Arief Budiman di media center KPU RI, Kamis (27/6/2019) malam lalu.

Arief dilansir situs KPU mengatakan, pihaknya akan mengundang lembaga terkait yang pada acara nanti akan menerima salinan Keputusan KPU, seperti Bawaslu, MK, MA, Setneg, DPR dan MPR. Selain itu KPU juga mengundang kementerian/lembaga yang selama ini bekerjasama dengan KPU dalam penyelenggaraan tahapan pemilu, seluruh peserta pemilu, baik partai politik dan pasangan calon 01 dan 02, pemantau, NGO dan para pegiat pemilu.

Baca Juga: Prabowo Resmi Bubarkan Koalisi Indonesia Adil Makmur
366 Orang Meninggal Akibat Bencana pada Januari-Juni 2019

Khusus bagi tim pasangan calon 01 dan 02, masing-masing akan diberikan undangan maksimal 20 orang. Arief berharap pasangan calon bisa hadir dan nantinya akan diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan.

“Selain itu, KPU berharap kedua pasangan calon juga bersedia untuk konferensi pers bersama,” pungkasnya.

Berita Terkait

11 Parpol di Daerah Dibatalkan Kepesertaannya di Pemilu 2019 11 Parpol di Daerah Dibatalkan Kepesertaannya di Pemilu 2019
18 Provinsi Telah Selesaikan Rekapitulasi Suara 100 Persen 18 Provinsi Telah Selesaikan Rekapitulasi Suara 100 Persen
Sidang di MK, Ahli Sebut Situng KPU Tak Untungkan Paslon Tertentu Sidang di MK, Ahli Sebut Situng KPU Tak Untungkan Paslon Tertentu

#Rapat Pleno #kpu #pilpres 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar