KPK Sebut Anggota Dewan Masih Jadi Pelaku Korupsi Terbanyak

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto:Dok.Arah.com/Dini Aprianti)

Arah - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut sepanjang 2014-2019, kasus suap masih menjadi modus paling sering digunakan dalam tindak pidana korupsi. Setelah itu disusul modus pengadaan barang dan jasa menempati urutan kedua.

"Kalau kita melihat modus perkara yang terjadi suap-menyuap masih menjadi modus terbesar disusul modus pengadaan barang dan jasa di urutan kedua," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, dalam pemaparan laporan kerja periode 2014-2019 dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Saut mengatakan dilihat dari komposisinya, pelaku yang paling banyak melakukan tindak pidana korupsi adalah anggota DPR dan DPRD.

"Sedang mengenai komposisi sampai dari tahun 2015 sampai 2019 mengenai komposisi pelaku sampai dengan Juni 2019 komposisi pelaku tikipor ditangani KPK sebagaimana di gambar dimana anggota DPR dan DPRD masih jadi pelaku tipikor terbanyak," ucapnya," jelasnya.

Sedangkan untuk sebaran wilayah, kasus korupsi terbanyak masih terjadi di Pulau Jawa.

"Kemudian dari sisi wilayah sebaran wilayah sebagai locusnya sebagaimana diketahui menyebar dari 2015-2019 tunjukkan gambar Pulau Jawa masing-masing menjadi locus terbesar praktik tipikor di antara Sulawesi, Bali, Malaysia Jawa, Maluku, Sumatera, Kalimantan dan kepulauan kecil," katanya.

Baca Juga: Dubes Hasan Kleib Dianugerahi Tanda Jasa Presiden Palestina
Wadah Pegawai Bentuk Tim Kawal Proses Seleksi Capim KPK

RDP Komisi III DPR dengan KPK dipimpin Wakil Ketua Komisi III Desmond Mahesa. Seluruh pimpinan KPK yakni Ketua KPK Agus Rahardjo beserta Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, Basaria Pandjaitan dan Saut Situmorang hadir dalam RDP kali ini.  

Berita Terkait

Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara
Inflasi Jakarta Rendah Karena Turunnya Harga Makanan Inflasi Jakarta Rendah Karena Turunnya Harga Makanan
KPI Siap Pasang Badan Jamin Perlindungan terhadap Jurnalis KPI Siap Pasang Badan Jamin Perlindungan terhadap Jurnalis

#Kasus Suap #anggota dewan #Anggota DPR RI #dprd #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar