Alipay Ingin Konsumen Nyaman Lihat Wajahnya Sendiri

Ilustrasi teknologi pengenalan wajah (Pxhere)

Arah - Sebuah survei menyebutkan, teknologi pengenalan wajah (facial recognition) dalam sistem pembayaran digital menghasilkan tampilan wajah tidak seperti aslinya, bahkan terkadang malah lebih suram.

Alipay, layanan pembayaran digital populer di Cina akan menghadirkan teknologi pengenalan wajah yang lebih bagus. Tujuannya agar konsumen merasa nyaman setiap kali melihat wajah mereka saat melakukan transaksi.

Untuk itu, dompet digital milik Alibaba ini akan menambahkan filter beauty ketika konsumen melakukan transaksi dengan sistem pengenalan wajah.

Dikutip dari Engadget, Jumat (5/7/2019), inisiatif ini muncul setelah hasil survei Sina Technology menunjukkan 60% responden berpikir sistem pembayaran terbaru ini justru menampilkan wajah mereka yang suram dan tidak menarik. Sama seperti foto mereka untuk kartu identitas penduduk, paspor, SIM dan dokumen identitas lainnya.

Rencananya update filter wajah di sistem pembayaran Alipay akan mulai dirilis bertahap ke toko retail yang bekerja sama dengan Alipay.

Baca Juga: Atas Permintaan, Apple Hapus Ratusan Aplikasi di App Store
E-Volunteer Pertemukan EO dengan Pencari Kerja

Metode pembayaran dengan teknologi pengenalan wajah Alipay sudah mulai digunakan sejak 2015 dengan memanfaatkan kamera dan sistem yang sudah diprogram khusus untuk mengenali wajah konsumen.

Dengan teknologi ini, konsumen tak perlu lagi mengetikkan PIN saat melakukan transaksi pembayaran menggunakan Alipay. Mereka hanya harus menghadapkan wajah ke kamera di ponsel. 

Berita Terkait

Asian Games : Bhin-bhin, Atung, Ika Mulai Menyapa Asian Games : Bhin-bhin, Atung, Ika Mulai Menyapa
Sylvi Diperiksa Bareskrim, #SuperSylvi Curi Perhatian Netizen Sylvi Diperiksa Bareskrim, #SuperSylvi Curi Perhatian Netizen
Ini Alasan Sandiaga Rahasiakan Lokasi  Rumah DP Rp0 Ini Alasan Sandiaga Rahasiakan Lokasi Rumah DP Rp0

#Sistem Pembayaran Digital #Alibaba #Alipay #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar