Hari Ini Sidang Perdana Sengketa Pileg 2019 Digelar di MK

Gedung Mahkamah Konstitusi. (Foto: Arah.com)

Arah - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang perdana gugatan sengketa Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, Selasa (9/7/2019). Sidang perdana dengan agenda pemeriksaan pendahuluan yang meliputi pemeriksaan kelengkapan dan kejelasan materi permohonan serta pengesahan alat bukti.

Sebelumnya, MK telah menyelesaikan proses registrasi gugatan pileg yang diajukan para pemohon. Dari total 340 gugatan yang didaftarkan, hanya 260 perkara yang diregistrasi MK dan akan disidangkan

Hari ini MK akan menggelar sidang diantaranya perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) DPR-DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim) Tahun 2019 yang diajukan sejumlah partai secara terpisah.

Partai yang mengajukan gugatan di antaranya Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Demokrat, PDIP, dan partai lainnya.

Selain Jawa Timur, hari ini MK juga akan menyidangkan sengketa Pileg Jawa Barat, Maluku Utara, Aceh dan Papua. Sidang sengketa Pileg terbuka untuk umum.

Baca Juga: Hari Ini Hasil SBMPTN Diumumkan Pukul 15.00 WIB
Mendag Enggartiasto Kembali Tak Penuhi Panggilan KPK

Dalam menangani sengketa Pileg, MK membagi sidang gugatan sengketa Pileg dalam tiga panel majelis hakim. Pembagian ini untuk mempersingkat waktu penanganan perkara karena MK hanya memiliki waktu 30 hari kerja

Panel 1 akan menangani 85 perkara, panel 2 (89 perkara) dan panel 3 (86 perkara). Setiap panel akan menyidangkan perkara dari 11 provinsi.

Berita Terkait

MK Gelar Sidang Perdana Sengketa Pileg 2019 Besok MK Gelar Sidang Perdana Sengketa Pileg 2019 Besok
Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun
KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim

#Mahkamah Konstitusi #pileg 2019 #sidang gugatan pileg 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar