Lebih dari 22 Ribu Jemaah Haji Indonesia Telah Tiba di Madinah

Jemaah haji asal Indonesia (Foto:Kemenag)

Arah - Hingga hari kelima kedatangan jemaah haji gelombang satu di tanah suci, tercatat lebih dari 22 ribu jemaah tiba di Madinah Al Munawarah. Jemaah gelombang satu akan berada di Madinah selama 8-9 hari untuk melaksanakan Arbain atau salat 40 waktu tanpa terputus di Masjid Nabawi.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pada 10 Juli 2019, pukul 13.25 waktu Arab Saudi, sebanyak 22.947 jemaah haji telah mendarat di Madinah. Jemaaah haji tersebut berasal dari 56 kloter.

Berdasarkan data Siskohat, hingga saat ini tercatat tiga jamaah meninggal dunia. Mereka adalah Khairil Abbas Salim dari embarkasi Batam Kloter 2 (BTH 2), Mudjahid Damanhuri Mangun dari embarkasi Solo Kloter 4 (SOC 4) dan Sumiyatun Suwikromo Sutardjan, dari embarkasi Solo Kloter 2 (SOC 2).

Khairil Abbas Salim (62) meninggal dunia pada Senin (08/07) pada pukul 14.30 waktu Arab Saudi. Menurut surat kematian atau certification of death (COD), jemaah haji yang tinggal di hotel Gulnar Taibah sektor 5 Madinah ini meninggal akibat gangguan hati dan jatuh.

Ketua Sektor 5 Madinah Khalillurrahman menerangkan almarhum sempat dibawa ke RS Al Anshor, namun akhirnya meninggal dunia di rumah sakit tersebut.

"Beliau juga diketahui memiliki riwayat hipertensi dan penyakit jantung," ujar Khalil dikansir situs Kemenag, Selasa (9/7/2019).

Baca Juga: Jemaah Haji Kloter Pertama Telah Tiba di Madinah
Ini Pembagian 10.000 Tambahan Kuota Haji per Provinsi

Dia menambahkan karena proses meninggalnya di rumah sakit, pihak rumah sakit yang akan mengurus jenazah.

"Rumah sakit akan koordinasi denga pihak muassasah, dan dengan pihak terkait dengan pengurusan jenazah di Masjid Nabawi," pungkasnya.

Berita Terkait

Revisi UU PIHU Segera Disahkan, Ini Bedanya dengan UU Lama       Revisi UU PIHU Segera Disahkan, Ini Bedanya dengan UU Lama
Jemaah Haji Kloter Pertama Telah Tiba di Madinah Jemaah Haji Kloter Pertama Telah Tiba di Madinah
Demi Kebanggaan Bangsa, Indonesia Perlu Punya Hotel Haji di Arab Demi Kebanggaan Bangsa, Indonesia Perlu Punya Hotel Haji di Arab

#Jemaah Haji #Madinah #Ibadah Haji #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar