Kunjungan Wisatawan ke Taman Nasional Komodo Terus Meningkat

Taman Nasional Komodo. (Pixabay)

Arah - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mengalami mengalami peningkatan. Pada 2014 jumlah wisatawan 80 ribu orang, sedangkan pada 2018 berjumlah 170 ribu orang lebih.

“Dari jumlah tersebut rata-rata 60 persen merupakan wisatawan mancanegara,” ujar Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang , saat mendampingi Presiden Jokowi mengunjungi Pulau Rinca, salah satu lokasi di kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, NTT, Kamis (11/7/2019).

Sementara jumlah satwa Komodo, menurut Lukita, kurang lebih 2.800 ekor. Khusus di Pulau Rinca berdasarkan kajian data tahun 2018 berjumlah sekitar 1.040 ekor.

Dia menjelaskan, jumlah Komodo selalu fluktuatif karena kondisi alam. Ketika jumlah mangsa naik, populasi komodo akan naik dan sebaliknya.

“Memang kondisi rantai makanan seperti itu, tapi optimalnya, stabilnya, jumlah komodo di seluruh kawasan taman nasional antara 2.000 sampai 3.000 ekor,” jelas Lukira.

Baca Juga: Aceh Promosikan Kuliner Sebagai Daya Tarik Wisata
Ombilin Ditetapkan Sebagai Warisan Dunia UNESCO

Kawasan Taman Nasional Komodo terdiri dari 147 pulau, di antaranya 5 pulau besar yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, Nusa Kode, dan Gili Motang. Dari 137 ribu hektare luas kawasan Taman Nasional Komodo, 60 persennya adalah perairan.

Lukita dilansir setkab.go.id berharap ada peningkatan fasilitas penunjang di Pulau Rinca. Misalnya dermaga yang perlu ditambah kapasitasnya untuk mengantisipasi jumlah wisatawan. Selain itu, jalan menuju kawasan Loh Buaya di Pulau Rinca juga perlu ditingkatkan karena pada musim tertentu kerap terjadi banjir.

Berita Terkait

Alami Kenaikan, Populasi Hewan Purba 'Komodo' Kini 3.012 Ekor Alami Kenaikan, Populasi Hewan Purba 'Komodo' Kini 3.012 Ekor
ASITA Kecam Pemandu Wisata Bermain-main dengan Komodo ASITA Kecam Pemandu Wisata Bermain-main dengan Komodo
Taman Nasional Komodo 'New Seven Wonders' Taman Nasional Komodo 'New Seven Wonders'

#Pulau Komodo #Taman Nasional #komodo #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar