Nurdin Kena OTT, Mendagri Akan Serahkan SK Plt Gubernur Kepri

Dok Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (Puspen Kemendagri)

Arah - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan menyerahkan surat keputusan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) menyusul penatapan Gubernur Kepri Nurdin Basirun sebagai tersangka setelah terjerat operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Hal itu untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan di Kepri tetap berjalan.

"Besok (Sabtu) Pak Menteri akan menyerahkan SK Plt Gubernur Kepri. Mendagri juga akan memberikan pengarahan khusus kepada Plt Gubernur Kepri" ujar Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar dalam keterangannya.

Pengarahan khusus diberikan Mendagri mengingat, Provinsi Kepri merupakan zona merah yang mendapatkan perhatian dari Inspektorat khusus Kemendagri dan Korsugah KPK.

"Memperhatikam Kepri adalah zona merah yang jadi perhatian Inspektorat Khusus Kemendagri dan juga Korsugah KPK, Mendagri akan beri pengarahan khusus Plt Gubernur Kepri supaya tahu, paham dan sadar betul bahwa kedudukan gubernur selain sebagai kepala daerah juga sebagai wakil pemerintah pusat di daerah," tambahnya.

Baca Juga: Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka, Gubernur Kepri Ditahan
Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Gubernur Kepri Nurdin Basirun sebagai tersangka dugaan suap terkait izin prinsip dan lokasi pemanfaatan laut proyek reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil serta penerimaan gratifikasi.

Selain Nurdin, KPK juga menetapkan Ketiganya adalah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Edy Sofyan, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP, Budi Hartono dan Abu Bakar dari pihak swasta sebagai tersangka kasus yang sama.

Nurdin disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

Berita Terkait

Gubernur Kepri Bukan Kepala Daerah Pertama yang Kena OTT di 2019 Gubernur Kepri Bukan Kepala Daerah Pertama yang Kena OTT di 2019
Benarkan Hakim Kena OTT, MA Tunggu Hasil Pemeriksaan KPK         Benarkan Hakim Kena OTT, MA Tunggu Hasil Pemeriksaan KPK
Kena OTT KPK, Ini Jumlah Harta Kekayaan Bupati Talaud       Kena OTT KPK, Ini Jumlah Harta Kekayaan Bupati Talaud

#ott #operasi tangkap tangan #kpk #gubernur kepri #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar