Kasus Suap DAK, Taufik Kurniawan Divonis 6 Tahun Penjara

Ilustrasi persidangan (Freedigitalphotos.net/Salvatore Vuono)

Arah -Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan divonis enam tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider 4 bulan kurungan. Sidang pembacaan putusan perkara dugaan suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) di Kabupaten Kebumen dan Purbalingga itu digelar di Pengadilan Tipikor Semarang, Jawa Tengah, Senin (15/7/2019).

Majelis hakim menyatakan Taufik terbukti bersalah melanggar Pasal 12 huruf a Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Menurut hakim, Taufik terbukti menerima imbalan total senilai Rp 4,85 miliar dalam pengurusan DAK.

Rinciannya, Rp3,65 miliar untuk pengurusan DAK Kabupaten Kebumen yang bersumber dari perubahan APBN 2016 dan Rp1,2 miliar untuk pengurusan DAK Kabupaten Purbalingga yang bersumber dari perubahan APBN 2017.

Dalam putusannya, majelis hakim juga memerintahkan terdakwa membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp4,2 miliar. Uang pengganti kerugian negara tersebut akan diperhitung dengan uang yang telah dititipkan terdakwa melalui KPK. Atas putusan tersebut, terdakwa dan jaksa penuntut umum, menyatakan pikir-pikir.

Baca Juga: BMKG: Jakarta Diperkirakan Cerah dan Berawan
1300 Jemaah Haji di Madinah Siap Diberangkatkan ke Mekkah

Vonis yang dijatuhkan majelis kepada Taufik lebih rendah dua tahun lebih ringan dari tuntutan jaksa.  Sebelumnya, jaksa menuntut hukuman 8 tahun penjara dan denda Rp200 juta serta pencabutan hak politik terdakwa selama lima tahun setelah menjalani hukumannya untuk memberikan efek jera.

Berita Terkait

Presiden Buka Konferensi Internasional Keamanan Kesehatan Global Presiden Buka Konferensi Internasional Keamanan Kesehatan Global
Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor
DKI Jakarta Luncurkan Sistem Jakarta Satu DKI Jakarta Luncurkan Sistem Jakarta Satu

#Taufik Kurniawan #Kasus Suap #Sidang Vonis #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar