1.963 Desa Terdampak Kekeringan, Permintaan Hujan Buatan Mengalir

Dok. Kepala BNPB Doni Monardo (Foto: setkab)

Arah -Hingga Senin (15/7/2019), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sudah 1.963 desa di 556 kecamatan, dan 79 kabupaten yang terdampak kekeringan. Daerah tersebut tersebar di Pulau Jawa, Bali, NTB, dan NTT.

Kepala BNPB Doni Monardo mengungkapkan telah mendapatkan permohonan dari para kepala daerah untuk hujan buatan dalam mengatasi dampak kekeringan.

“Oleh karenanya, BNPB tentu tidak bisa sendirian. Perlu kerja sama dengan beberapa lembaga khususnya BMKG, BPPT, dan markas besar TNI,” ujar Doni dalam keterangannya usai mengikuti Rapat Terbatas tentang Antisipasi Dampak Kekeringan, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/7/2019).

Kengenai kebakaran hutan dan lahan, Doni mengatakan Presiden menekankan pentingnya pencegahan. Bantuan dari TNI-Polri, lanjut dia, sangat penting dalam program pencegahan.

“Setiap provinsi mendapatkan alokasi sekitar 1.512 personel gabungan. Mereka ini nanti melakukan sosialisasi tentang pentingnya upaya pencegahan. Karena dari data-data yang berhasil dikumpulkan, sebagian besar atau 99% kebakaran hutan dan lahan ini karena manusia,” terang Doni dilansir setkab.go.id.

Setiap personil yang terlibat dalam satgas ini, lanjut Doni, akan bekerja sama dengan tokoh desa. Upaya ini sekaligus untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat agar tidak lagi terlibat dalam upaya pembakaran lahan dan hutan.

Baca Juga: Kasus Suap DAK, Taufik Kurniawan Divonis 6 Tahun Penjara
Gerhana Bulan 17 Juli, Kemenag Ajak Umat Islam Salat Khusuf

Sementara untuk penegakan hukum, Doni menyebutkan sudah ada 16 kasus yang diproses kepolisian. Diharapkan penegakan hukum adalah langkah terakhir ketika upaya pencegahan tidak maksimal.

Doni menambahkan sejauh ini sudah ada 5 provinsi yang menyatakan status darurat kebakaran hutan dan lahan. Kelima provinsi tersebut adalah Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Bara

Berita Terkait

BNPB Waspadai Kebakaran Hutan Saat Asian Games BNPB Waspadai Kebakaran Hutan Saat Asian Games
Aceh Mulai Dikepung Kabut Asap Aceh Mulai Dikepung Kabut Asap
Kawasan Lahan Sengketa Masuk Titik Rawan Karhutla Kawasan Lahan Sengketa Masuk Titik Rawan Karhutla

#BNPB #kekeringan #kebakaran lahan #Kebakaran Hutan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar