Ini Waktu Terbaik Saksikan Gerhana Bulan Terakhir di Tahun 2019

Ilustrasi gerhana bulan (Pixabay)

Arah - Gerhana Bulan Parsial akan terjadi Rabu (17/7/2019) dini hari mulai pukul 03.01 WIB-05.59 WIB. Fenomena langit tersebut bisa dilihat dengan mata telanjang, namun, pengamatan dengan menggunakan teleskop akan lebih jelas.

Dilansir situs resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), puncak gerhana bulan akan terjadi pada pukul 04.30 WIB.

Gerhana Bulan Parsial adalah peristiwa langit yang terjadi saat sebagian wajah Bulan masuk bayangan umbra atau bayangan gelap Bumi. Saat terjadi gerhana, sekitar 65 persen wajah bulan terlihat berwarna merah, sedangkan sisanya akan terlihat putih seperti biasa.

Meski terlihat di seluruh wilayah Indonesia, namun Gerhana Bulan Parsial paling baik diamati di Wilayah Indonesia Barat (WIB). Sedangkan di Wilayah Indonesia Tengah, (WITA) puncak gerhana pada pukul 05.30 WITA saat matahari sudah terbit.

Baca Juga: Jokowi Beberkan Komposisi Kabinet Periode Mendatang
Tahun Ajaran Baru, DPR Ingatkan Hindari Perploncoan

Di Wilayah Indonesia Timur (WIT), puncak gerhana pada pukul 06.30 WIT yang kemungkinan besar matahari sudah terbit dan langit sudah terang.

Gerhana Bulan 17 Juli 2019 akan menjadi gerhana bulan terakhir di tahun 2019. Menurut Eclipsewise, Gerhana Bulan berikutnya terjadi pada 10 Januari 2020, diikuti tiga fenomena langit lainnya di tahun yang sama.

Berita Terkait

Fenomena Terjadinya Supermoon Ekstra dan Gerhana Bulan Total Fenomena Terjadinya Supermoon Ekstra dan Gerhana Bulan Total
Gerhana Bulan 17 Juli, Kemenag Ajak Umat Islam Salat Khusuf Gerhana Bulan 17 Juli, Kemenag Ajak Umat Islam Salat Khusuf
Wow, Suhu di Lapisan Es Antartika Menjadi Lebih Hangat Wow, Suhu di Lapisan Es Antartika Menjadi Lebih Hangat

#Gerhana Bulan #LAPAN #Fenomena Alam #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar