Cara Hellobike Tetap Bertahan di Bisnis Persewaan Sepeda Online

Ilustrasi sepeda listrik (Pixabay)

Arah - Startup penyewaan sepeda online di China tengah memasuki masa suram. Pemain lama seperti Ofo terancam mengakhiri bisnis lama yang telah dirintisnya.

Hellobike merupakan satu dari sedikit yang berusaha bangkit dan berusaha mengatasi tantangan. Setelah mendapat dana segar dari Ant Financial, Hellobike memperluas layanannya dengan menyewakan skuter elektrik dan e-bike kepada 230 juta pengguna terdaftar.

Hellobike yang dilluncurkan pada 2016, mengawali bisnissewa sepeda dengan menyasar kota kecil. Mereka membidik segmen yang tidak ridak terjangkau Ofo dan Mobike, dua perusahaan besar yang menjadi kompetitor.

Strategi ini mampu menyelamatkan mereka dari persaingan dengan menghambur-hamburkan uang. Dengan dana segar yang didapat, Hellobike melakukan efisiensi operasional, dimulai dengan merambah ke sumber daya listrik.

Sementara Ofo saat ini tengah berjuang menghadapi badai krisis keuangan. Mobike yang telah dijual ke perusahaan Hong Kong, Meituan tak lagi agresif berekspansi.

"Ketika Ofo dan Mobike bersaing, tak satu pun dari mereka terpikir tentang sepeda listrik," kata Chief Financial Officer Hellobike Fischer Che, seperti dikutip dari Tech Crunch, Selasa (16/7/2019).

Baca Juga: Pernah Berjaya, Kini Startup Sepeda Online Ini Terjerat Utang
Wakil Ketua KPK Sumbang Satu Sepeda Untuk Pengungkap Kasus Novel

Padahal, lanjut Fischer Che, permintaan kendaraan listrik roda dua cukup tinggi. Berdasarkan data Hellobike, hampir 300 juta perjalanan menggunakan sepeda biasa di China per hari. Dengan sepeda listrik dan skuter jumlahnya bisa meningkat 700 juta perjalanan per hari.

Sama seperti menyewa sepeda biasa, salah satu keuntungan yang didapat pengguna adalah mereka tidak perlu khawatir kendaraan dicuri.

Berita Terkait

Makin Diminati, Vietnam Terus Berinovasi Sepeda Listrik Makin Diminati, Vietnam Terus Berinovasi Sepeda Listrik
Indonesia Terapkan Tarif Nol Untuk Produk Palestina Indonesia Terapkan Tarif Nol Untuk Produk Palestina
Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul? Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul?

#sepeda #sepeda listrik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar