Ini Rekomendasi TGPF Kasus Penyerangan Terhadap Novel Baswedan

Dok.TGPF Kasus Novel Barwedan bertemu pimpinan KPK, Rabu (24/4). (kpk.go.id)

Arah -Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyampaikan hasil kerjanya selama enam bulan. Selain itu, TGPF juga menyampaikan beberapa rekomendasi kepada Kapolri.

Juru bicara TGPF, Nurcholis mengatakan pihaknya merekomendasikan pendalaman terhadap fakta keberadaan satu orang tidak dikenal yang mendatangi rumah Novel Baswedan. Selain itu, lanjut dia, TGPF juga merekomendasikan untuk mendalami keberadaan dua orang tidak dikenal di dekat Masjid Al Ichsan menjelang subuh pada 10 April 2017.

Mantan ketua Komnas HAM itu menambahkan agar kasus-kasus yang ditangani Novel diselidiki lebih dalam. Hal ini untuk melihat kemungkinan adanya keterkaitan dengan apa yang dialami Novel Baswedan.

"TGPF merekomendasikan Kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk melakukan pendalaman terhadap probabilitas motif sekurang-kurangnya enam kasus high profile yang ditangani korban," ujarnya dalam konpers di Mabes Polri, Jakarta Rabu (17/7/2019).

TGPF meyakini kasus-kasus tersebut berpotensi menimbulkan serangan balik atau balas dendam karena adanya dugaan kewenangan secara berlebihan.

Baca Juga: TGPF Berkomitmen Ungkap Kasus Novel Baswedan
Komnas HAM :Tim Pemantau Novel Berbeda Dengan TGPF

Menindaklanjuti rekomendasi TGPF, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian akan membentuk tim teknis lapangan untuk mengungkap kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan setelah TGPF menyelesaikan tugasnya.

"Rekomendasi tadi sudah jelas, dengan segala temuan hasil kerja 6 bulan tim pakar, direkomendasikan tim teknis lapangan yang spesifik. Teknis lapangan spesifik itu hanya dimiliki kami," kata Kepala Divisi Humas Polri M Iqbal.

Dia menjelaskan, tim teknis lapangan akan dipimpin Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Idham Azis. Tim teknis lapangan akan bekerja paling lambat dalam 6 bulan dan bisa diperpanjang masa kerjanya.

"Kalau dalam 1 bulan setelah konpres ini bisa mengungkap, Alhamdulillah. Ini tim terbaik yang dipimpin Pak Kabareskrim," jelasnya.

Berita Terkait

Novel Disiram Air Keras, ICW Desak Jokowi Bertindak Tegas Novel Disiram Air Keras, ICW Desak Jokowi Bertindak Tegas
Anies Baswedan Ungkap Alasan Novel Dipindahkan ke JEC Menteng Anies Baswedan Ungkap Alasan Novel Dipindahkan ke JEC Menteng
PKS Desak Polisi Ungkap Dalang Penyerangan Novel Baswedan PKS Desak Polisi Ungkap Dalang Penyerangan Novel Baswedan

#Novel Baswedan #Tim Pencari Fakta #air keras #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar