Untuk Ketiga Kali, Mendag Enggartiasto Tak Penuhi Panggilan KPK

Dok. Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (Foto: Arah.com/ Harri Muthahhari)

Arah - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kembali tidak memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi kasus dugaan suap dan gratifikasi Anggota Komisi VI DPR Bowo Sidik Pangarso. Ini untuk ketiga kalinya, Enggar tidak memenuhi panggilan KPK.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, alasan Enggar karena ada kegiatan di luar negeri.

"Tadi malam kami mendapatkan surat lain dan memberitahukan bahwa ada kegiatan lain ke luar negeri hari ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/7/2019).

Pemeriksaan terhadap Enggar yang dijadwalkan hari ini merupakan penjadwalan ulang. Sebelumnya, KPK telah memanggil Enggar pada Senin (1/7/2019) dan Senin (8/7/2019), namun yang bersangkutan tidak hadir.

Febri menambahkan, KPK sedang membahas tindakan lebih lanjut yang dapat dilakukan untuk pemeriksaan Enggar sebagai saksi.

"Saat ini KPK sedang membahas tindakan lebih lanjut yang dapat dilakukan untuk kebutuhan pemeriksaan saksi ini," katanya.

Baca Juga: Kemlu Kecam Pemberian Award Dewan Kota Oxford kepada Benny Wenda
KPK Panggil Mendag Enggartiasto Jadi Saksi Kasus Bowo Sidik

KPK telah menetapkan Bowo Sidik sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi. Bowo Sidik diduga menerima suap sekitar Rp1,6 miliar dari Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) Asty Winasti melalui Indung yang keduanya juga telah ditetapkan menjadi tersangka.

Pemberian uang itu agar Bowo Sidik membantu PT HTK mendapat perjanjian penggunaan kapalnya untuk distribusi pupuk dari PT Pupuk Indonesia Logistik.

Selain itu, Bowo Sidik juga diduga menerima gratifikasi sekitar Rp6,5 miliar. Terkait dugaan ini KPK telah menggeledah ruang kerja Enggartiasto dan menyita sejumlah dokumen, termasuk dokumen terkait Permendag tentang gula rafinasi.

Berita Terkait

Mendag Enggartiasto Kembali Tak Penuhi Panggilan KPK             Mendag Enggartiasto Kembali Tak Penuhi Panggilan KPK
KPK Panggil Mendag Enggartiasto Jadi Saksi Kasus Bowo Sidik      KPK Panggil Mendag Enggartiasto Jadi Saksi Kasus Bowo Sidik
Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka, Gubernur Kepri Ditahan Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka, Gubernur Kepri Ditahan

#Enggartiasto Lukita #Bowo Sidik Pangarso #gratifikasi #Kasus Suap #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar