Mulai Hari Ini, Mekkah Terima Jemaah Haji dari Madinah dan Jeddah

Suasana salat jumat di Masjidil Haram, Jumat (19/07) (foto: Kemenag/Bahauddin/MCH 2019)

Arah - Mulai Sabtu (20/7/2019), Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Mekkah akan menerima kedatangan jemaah haji Indonesia dari Madinah dan Jeddah.

PPIH Mekkah akan menerima kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama yang diberangkatkan dari Madinah usai menyelesaikan ibadah Salat Arbain. Selain itu, PPIH juga akan menerima jemaah haji Indonesia gelombang kedua yang diberangkatkan dari embarkasi di tanah air menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah, kemudian ke Mekkah.

“Mulai Sabtu, 20 Juli 2019, Mekkah akan kedatangan jemaah haji dari dua penjuru, yakni mereka yang termasuk gelombang I dari Madinah serta gelombang II yang diberangkatkan dari tanah air langsung ke Jeddah,” ujar Kepala Daker Makkah Subhan Cholid. Jumat (19/7/2019).

Kloter 18 asal Embarkasi Makassar (UPG-18) menjadi rombongan pertama yang tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

“Kalau tidak ada kendala, UPG 18 akan memasuki Kota Mekkah sekitar pukul 07.20 WAS pagi,” jelas Subhan.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, hingga Jumat pukul 19.00 WAS, tercatat dari 529 kloter jemaah haji yang akan diberangkatkan dari Indonesia, 221 diantaranya telah tiba di Arab Saudi dan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Total, sebanyak 90.615 jemaah beserta petugas telah tiba di Madinah, untuk selanjutnya melaksanakan ibadah arbain terlebih dahulu, dan menetap selama delapan sampai sembilan hari sebelum kemudian diberangkatkan menuju Mekkah.

“Jemaah yang telah melaksanakan arbain, kemudian bergerak dari madinah menuju Makkah. Tercatat hingga pukul tujuh malam, total hingga hari ke-6 keberangkatan jemaah dari Madinah ke Mekkah, sudah ada 73 kloter yang bergerak dari sana. 66 kloter di antaranya sudah tiba di Makkah,” jelas Kasie Data dan Informasi Daker Mekkah Nurhanudin.

Baca Juga: Kedatangan Jemaah Haji Gelombang Kedua Dimulai 20 Juli
Jemaah Haji Boleh Bawa Kursi Roda Ke Tanah Suci

Total jemaah dan petugas yang telah bergerak dari Madinah menuju Mekkah sebanyak 30.151 orang. Dari jumlah itu, 27.166 orang diantaranya, telah berada di Kota Mekkah.

Dilansir situs Kemenag, hingga hari ke-14 masa operasional haji, jumlah jemaah meninggal bertambah satu orang sehingga total ada delapan jemaah yang meninggal. 

Berita Terkait

Jemaah Haji Boleh Bawa Kursi Roda Ke Tanah Suci Jemaah Haji Boleh Bawa Kursi Roda Ke Tanah Suci
Keberangkatan 4 Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Medan Tertunda Keberangkatan 4 Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Medan Tertunda
Target Pembangunan Klinik Kesehatan Haji di Madinah Rampung Mei  Target Pembangunan Klinik Kesehatan Haji di Madinah Rampung Mei

#mekkah #PPIH Mekkah #Ibadah Haji #Jemaah Haji #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar