Arab Saudi Peringatkan Potensi Bahaya Penggunaan Faceapp

Aplikasi Faceapp (Android Authority)

Arah - The National Cybersecurity Authority (NCA), otoritas keamanan siber Arab Saudi memperingatkan warganya terkait penggunaan aplikasi FaceApp. Aplikasi penuaan wajah itu sedang populer dan viral di media sosial dengan tagar #agechellange.

NCA menilai adanya potensi pelanggaran data pribadi pada FaceApp. Karena kekhawatiran itu, Arab Saudi memberi peringatan warganya agar tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Menurut NCA, foto-foto yang digunakan untuk aplikasi rentan disalahgunakan. Apalagi jika pengguna memberikan akses NCA ke gambar pribadi milik mereka.

Profesor cybersecurity dari King Saud University, Muhammad Khurram Khan menyayangkan banyak orang yang menyukai aplikasi di ponsel untuk hiburan tanpa memperdulikan dampaknya terhadap privasi mereka.

"FaceApp, aplikasi penuaan wajah dan banyak aplikasi serupa lainnya sedang tren dan digunakan pengguna seluruh dunia tanpa memperhatikan persyaratan layanan aplikasi dan hak-hak mereka sendiri," ujar Khan dikutip dari Arab News, Sabtu (20/7/2019).

Baca Juga: Pengembangan Umrah Digital Bersifat Optional
Instagram Mulai Uji Coba Penghapusan Tampilan Jumlah 'Like'

Kebijakan privasi FaceApp dinilai Khan tidak jelas dalam melindungi data pengguna, meski perusahaan mengklaim data yang dikumpulkan tidak digunakan untuk mengindentifikasi pengguna tertentu.

"Ini bukan hanya tentang satu foto yang diunggah pengguna untuk bersenang-senang, tetapi persyaratan layanan FaceApp yang sepertinya memungkinkan pengguna untuk memberikan akses ke semua foto yang disimpan dan tidak ada yang tahu kapan dan dengan siapa data ini dibagikan atau digunakan," katanya.

Aplikasi FaceApp diluncurkan pada 2017. Startup milik perusahaan Rusia Wireless Lab itu mengakses foto, lokasi, penggunaan data serta history browsing. Laporan Forbes menyebutkan lebih dari 100 juta orang sudah mengunduh FaceApp dari Play Store.  

Berita Terkait

Cianjur Siap Jadi Tempat Pembuangan Sampah Jakarta Cianjur Siap Jadi Tempat Pembuangan Sampah Jakarta
Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab
Ada Misteri di Lift Blok M Square, Polisi Selidiki Ada Misteri di Lift Blok M Square, Polisi Selidiki

#Aplikasi #Faceapp #wajah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar