Penanganan TPPO Harus Perhatikan Aspek Perlindungan Korban

Deput V KSP Jaleswari Pramodhawardani (Foto: IST)

Arah - Permasalahan krusial yang melatarbelakangi kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan modus pengantin pesanan adalah faktor ekonomi. Para korban TPPO pergi ke China dengan harapan akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Deputi V Bidang Kajian Politik dan Pengelolaan Isu-isu Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM Strategis Kantor Staf Presiden (KSP), Jaleswari Pramodhawardani mengingatkan, permasalahan perdagangan orang ini seperti gunung es. Untuk itu, dia mengatakan penanganan masalah TPPO perlu memperhatikan aspek perlindungan korban, khususnya perempuan dan anak.

Penanganan TPPO diatur dalam Undang-Undang Nomor. 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Melalui instansi terkait sudah ada tindakan penanggulangan yang dilakukan pemerintah melalui KBRI dan KJRI di China yang berkoordinasi dengan pemerintah China.

Jaleswari saat memimpin rapat koordinasi lintas instansi yang membahas penanggulangan TPPO pekan lalu menegaskan komitmen pemerintah dalam penanganan masalah tersebut. Dalam jangka pendek, lanjut dia, pemerinrah berupaya untuk dapat memulangkan WNI yang masih terjebak di China terkait kasus TPPO dengan modus pengantin pesanan.

Baca Juga: KPAI Prihatin Anak Nunung Jadi Korban Bullying di Sekolah
Kemenag: Pengibaran Bendera Tauhid di Sukabumi Tak Terkait HTI

Untuk diketahui, belum lama ini terjadi kasus perdagangan orang dari beberapa daerah di Indonesia dengan modus pengantin pesanan yang terjebak di China. Korban di antaranya berasal dari Kalimantan Barat dan Jawa Barat.

Dia menegaskan, KSP akan terus mengawal koordinasi antar kementerian dan lembaga dalam upaya penyelesaian dan pencegahan TPPO secara komprehensif.

Berita Terkait

Petani Garut Belum Mampu Produksi Bawang Putih Petani Garut Belum Mampu Produksi Bawang Putih
LRT Sudah Bisa Digunakan Bertepatan HUT DKI Jakarta ke-492       LRT Sudah Bisa Digunakan Bertepatan HUT DKI Jakarta ke-492
Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu

#perdagangan orang #Ekonomi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar