Gantikan May, Boris Johnson DIlantik Menjadi PM Inggris Besok

Boris Johnson (wikimedia)

Arah - Mantan Menteri Luar Negeri Boris Johnson terpilih menggantikan Theresa May sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru. May mengundurkan diri pada 7 Juni lalu di tengah kebuntuan Brexit.

Johnson memenangkan pemilihan di kalangan Partai Konservatif. Hasil penghitungan suara, Johnson mendapatkan dukungan 92.153, sementara rivalnya, Jeremy Hunt yang menjabat menteri luar negeri meraih 46.656 suara.

Dengan kemenangan itu, Johnson menjadi Ketua Partai Konservatif yang baru sekaligus menempatkannya pada kursi PM Inggris. Setelah terpilih, politikus nyentrik ini memberikan penghargaannya kepada Hunt atas ide-idenya.

“Hunt memiliki banyak ide bagus dan saya berjanji akan mengunakan ide-ide tersebut,” ujar Johnson, seperti dikutip BBC, Selasa (23/7/2019).

Tak lupa, Johnsin juga memberikan penghargaannya kepada May.

“Penghargaan juga saya sampaikan kepada Theresa May yang sudah melayani negara ini dengan baik,” ucapnya.

Melalui Twitter-nya, May mendukung sepenuhnya terpilihnya Johnson sebagai Ketua Partai Konservatif dan PM Inggris.

“Kini saatnya kita bekerja sama untuk mewujudkan Brexit yang bisa mewakili seluruh rakyat Inggris dan menjauhkan (Ketua Partai Buruh) Jeremy Corbyn dari pemerintahan. Anda (Johnson) saya mendukung penuh,” tulis Theresa May.

Hari ini merupakan hari terakhir May sebagai PM Inggris. Sementara pelantikan Johnson sebagai PM Inggris akan dilakukan Rabu (24/7/2019).

Baca Juga: Kepala BMKG Ajak Masyarakat Tak Cemaskan Megathrust
Komnas HAM Catat Masih Ada 2 Orang Hilang dalam Rusuh 21-22 Mei

Johnson bernama lengkap Alexander Boris de Pfeffel Johnson lahir di New York, Amerika Serikat (AS), tahun 1964. Pria yang dikenal ambisius ini merupakan lulusan Oxford University.

Johnson pernah bekerja sebagai wartawan sebelum terpilih menjadi anggota parlemen dari Partai Konservatif pada tahun 2001.  Selanjutnya pada tahun 2008, dia terpilih menjadi Wali Kota London menggantikan Ken Livingstone dari Partai Buruh dan berlanjut periode kedua tahun 2012-2016.

 

Berita Terkait

Polisi Inggris Kembali Tahan Sejumlah Orang Terkait Teror London Polisi Inggris Kembali Tahan Sejumlah Orang Terkait Teror London
Unik Seniman Ini Ciptakan Jam Dari Wajah Seseorang dan Bergerak Unik Seniman Ini Ciptakan Jam Dari Wajah Seseorang dan Bergerak
Ini Solusi untuk Mengurai Kemacetan di Jabodetabek Ini Solusi untuk Mengurai Kemacetan di Jabodetabek

#Boris Johnson #Theresa May #perdana menteri inggris #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar