Tak Amankan Data Pengguna, Facebook Setuju Bayar Denda Rp70 T

Media Sosial Facebook (Pxhere)

Arah - Facebook Inc bersedia membayar denda senilai 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp70 triliun terkait penyalahgunaan 87 juta data pribadi penggunanya yang melibatkan pihak ketiga, Cambridge Analytica.

Menurut Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat, angka itu merupakan denda terbesar yang pernah dijatuhkan kepada perusahaan teknologi karena pelanggaran privasi pengguna.

"Meski telah berulang kali berjanji kepada miliaran pengguna di seluruh dunia bahwa mereka dapat mengontrol bagaimana data pribadi dibagikan, pengguna telah dikecewakan," ujar Ketua FTC Joe Simons dikutip dari situsnya, Kamis (25/7/2019).

FTC menambahkan, sesuai keaepakatan, Facebook harus meninjau kembali privasi dari setiap produk baru atau produk yang dimodifikasi sebelum ketentuan itu diterapkan.

Kasus yang menjerat Facebook ini muncul setelah ada laporan data 87 juta penggunanya di seluruh dunia disalahgunakan konsultan politik, Cambridge Analytica pada Maret 2018. Puluhan juta data pengguna Facebook itu diduga dimanfaatkan untuk kepentingan Pilpres AS 2016.

Baca Juga: Ini Alasan Kominfo Blokir 3 Konten Milik Youtuber Kimi Hime
Tak Hanya FaceApp, Kominfo Ingatkan Hati-Hati Unduh Aplikasi

FTC kemudian melakukan investigasi yang hasilnya menyatakan Facebook bersalah karena mengabaikan data privasi penggunanya.

"Denda ini tidak hanya menghukum pelanggaran, tetapi yang lebih penting untuk mengubah seluruh budaya privasi Facebook guna mengurangi kemungkinan pelanggaran yang terus berkelanjutan," tandasnya.

Berita Terkait

CEO Facebook Dicecar Senator AS Soal Kebocoran Data CEO Facebook Dicecar Senator AS Soal Kebocoran Data
Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI
16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki

#Facebook #Denda #Amerika Serikat #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar