5 Negara Terbaik untuk Lansia Menikmati Masa Tua

Lansia. Ilustrasi foto (pixabay)

Arah - Menikmati masa tua dengan sehat dan bahagia tentu menjadi dambaan setian lansia. Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) melakukan studi untuk mencari negara yang jumlah lansia sehatnya paling banyak.

"Masalah kesehatan terkait usia bisa menyebabkan pensiun dini, produktivitas kerja menurun, serta pengeluaran kesehatan yang lebih tinggi," ujar penulis studi utama Angela Y. Chang.

Studi ini menggunakan data 195 negara dari Global Burden of Disease. Hasilnya mereka memilih empat negara terbaik di mana seseorang bisa menua tetapi tetap dalam kondisi sehat.

1. Swiss
Studi ini menempatkan lansia di Swiss yang paling sehat. Setidaknya mereka dapat menunda penyakit yang umumnya menyerang orang berusia 65 tahun. Rata-rata lansia di Swis baru mengakamaninya di umur 76 tahun.

Nagara ini memiliki layanan kesehatan yang baik dengan skor Healthcare Access and Quality (HAQ) Index mencapai 95,6 dari 100. World Happiness Report pada 2018 menyatakan masyarakat Swiss merupakan salah satu yang paling bahagia di dunia. Hal ini tak lepas dari dukungan sosial, tingginya harapan hidup, kebebasan menenrukan pilihan dan tingkat korupsi rendah.

2. Singapura
Rata-rata warga Singapura mampu menunda penyakit lansia yang umumnya dialami di usia 65 hingga ke usia 70-an. Perawatan dan pelayanan kesehatan yang baik yang menjadikannya seperti itu.

Pemerintah setempat melakukan pendekatan ke masyarakat secara langsung misalnya dengan program makan malam sehat dan murah. Selain itu, BBC melaporkan mereka yang bisa meningkatkan aktivitas fisiknya akan mendapatkan penghargaan.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Cek Pelayanan Haji untuk Lansia dan Disabilitas
Pasangan Lansia Ini Melintasi 10 Negara dengan Bersepeda

3. Korea Selatan dan Jepang
Studi IHME menempatkan Korea Selatan dan Jepang di posisi yang hampir sama. Kedua negara ini memiliki angka obesitas terendah di dunia. Menurut Organization for Economic Co-operation and Development, angka obesitas di Korsel hanya 3 persen, sementara jepang 5 persen dari populasi.

Salah satu wilayah yang terkenal dengan lansia berumur panjang adalah Okinawa. Di daerah ini banyak lansia yang bisa hidup hingga 100 tahun atau lebih.

5. Italia
Masyarakat Italia menua leibh lambat dan sehat dibandingkan negara-negara lainnya. Ini tak lepas dari kualitas akses kesehatan yang baik. Selain itu, Diet Mediterania menjuga kunci bagi masyarakatnya tetap sehat hingga usia lanjut.

Warga di negara itu terkenal dengan gerakan "makan lambat" dengan menghindari makanan cepat saji. Mereka menekankan pada masakan rumahan serta berkualitas dibandingkan kenyamanan.

Berita Terkait

Ini Dia Lima Negara yang Hidup Paling Sehat Ini Dia Lima Negara yang Hidup Paling Sehat
Tinggal Di Lima Lokasi Ini Masyarakatnya Paling Sehat Tinggal Di Lima Lokasi Ini Masyarakatnya Paling Sehat
Data Ekonomi Dukung Dolar AS Menguat Data Ekonomi Dukung Dolar AS Menguat

#Lansia #Negara #Swiss #Jepang #Korea Selatan #singapura #Italia #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar