Luar Biasa, Nenek 90 Tahun Selesaikan Studi S-2

Ilustrasi wisuda (Pixabay)

Arah - Usia bukan kendala bagi Lorna Prendergast untuk menyelesaikan studi S2 di University of Melbourne, Australia. Nenek berusia 90 tahun ini baru saja mendapatkan gelar Masters of Ageing, Sabtu (27/7/2019).

Lorna  yang tesisnya tentang musik untuk membantu penderita dementia menjadi lulusan tertua di acara wisuda di gedung bersejarah Royal Exhibition Building. Dia berharap kisahnya bisa menginspirasi bahwa tak pernah ada kata tua untuk belajar sesuatu.

"Tak seorang pun yang terlalu tua, jangan mengeluh 'sudah terlalu tua, tak bisa melakukan apa-apa lagi'," ujarnya seperti dikutip dari ABC News.

Perempuan yang lahir di kota kecil Bairnsdale, sekitar 300 km sebelah timur Melbourne itu memutuskan kembali melanjutkan studinya setelah suaminya, Jim meninggal dunia, Jim adalah seorang seniman yang menyukai hal-hal terkait dunia penerbangan. 

Setelah melewati masa berkabung selama satu tahun, Lorna memutuskan untuk melakukan sesuatu. Dia kemudian melihat tayangan ABC mengenai program sains bernama Catalyst.

"Saat itu saya berpikir, apa yang harus saya lakukan? Kebetulan saya menonton TV, dan ada program tentang kegunaan musik untuk membantu penderita demensia," katanya

Lorna tertarik dengan dan ingin mempelajari lebih jauh kegunaan musik membantu penderita demensia yang kemudian menjadi bagian dari studinya. Dia mulai belajar lagi di usia hampir 90 tahun dengan belajar jarak jauh secara online.

Dia mengungkapkan tantangan yang dihadapinya adalah menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi. Dia mencontohkan dirinya membutuhkan waktu cukup lama ketika harus mencari foto untuk membuat presentasi.

Baca Juga: 5 Negara Terbaik untuk Lansia Menikmati Masa Tua
Menhub Budi Karya Cek Pelayanan Haji untuk Lansia dan Disabilitas

Pembimbing Lorna, Associate Professor Rosemary McKenzie, menyebut Lorna adalah inspirasi bagi lansia lainnya. Dengan satu dari tujuh warga Australia berusia di atas 65 tahun saat ini, dan populasi yang semakin menua, McKenzie memprediksi akan lebih banyak lansia yang melanjutkan pendidikan di universitas.

"Dia memiliki semangat belajar seumur hidup, dia salah satu mahasiswa paling awal yang mengikuti program online." jelasnya.

"Dia bisa melewati semuanya dengan baik, menguasai materi, teknologi dan belajar jarak jauh," pungkasnya.

Berita Terkait

14.520 Lansia Jakarta Dapat Kartu Bantuan KLJ 14.520 Lansia Jakarta Dapat Kartu Bantuan KLJ
Pemprov DKI Siagakan 3000 Petugas Satpol PP di Lokasi Banjir Pemprov DKI Siagakan 3000 Petugas Satpol PP di Lokasi Banjir
Di Jakarta, Perayaan Pergantian Tahun Sisakan 780 Ton Sampah Di Jakarta, Perayaan Pergantian Tahun Sisakan 780 Ton Sampah

#Lansia #Berita Unik #Pendidikan #kuliah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar