Facebook Tutup Ratusan Akun dan Halaman Propaganda

Media Sosial Facebook (Pxhere)

Arah - Facebook telah menutup lebih dari 350 akun dan halaman yang digunakan untuk menyebarkan propaganda. Penutupan itu setelah Facebook menemukan sejumlah individu yang terkait pemerintah Arab Saudi menggunakan media sosial itu untuk menyebarkan propaganda melalui akun-akun palsu.

Menurut Perusahaan Amerika Serikat itu, penyebaran propaganda dengan konten berbahasa Arab yang menyasar Timur Tengah dan Afrika Utara. Sejauh ini pemerintah Arab Saudi belum memberikan tanggapan resmi terkait masalah ini.

Dalam pernyataannya, Facebook mengungkapkan telah menghadang "perilaku tak otentik yang terkoordinasi" pada platform-nya dan Instagram. Menurut Facebook, akun halaman itu sengaja dibuat mirip dengan media lokal.

Kepala kebijakan keamanan siber Facebook, Nathaniel Gleicher, menjelaskan bagaimana akun-akun palsu itu beroperasi.

"Admin halaman dan pemilik akun mengunggah berita regional dan isu-isu politik dalam bahasa Arab, seperti Putra Mahkota Mohammad bin Salman, rencana reformasi ekonomi-sosial dalam 'Vision 2030', serta kesuksesan pasukan Saudi, khususnya dalam konflik di Yaman," paparnya.

Baca Juga: WhatsApp Kembangkan Fitur Penangkal Hoaks
Tembus 100 Juta Unit Pengapalan, PS4 Pecahkan Rekor

Dia menambahkan admin akun dan halaman juga sering membagikan kritik terhadap negara-negara tetangga, termasuk Iran, Qatar, dan Turki. Mereka juga mempertanyakan kredibilitas jaringan berita Al-Jazeera dan Amnesty International.

"Meski orang-orang di balik aktivitas ini berupaya menyembunyikan identitas mereka, tinjauan kami menemukan hubungan dengan individu-individu yang terkait dengan pemerintah Arab Saudi," jelasnya.

Sebelum akun dan halaman itu ditutup Facebook, sedikitnya 1,4 juta orang menjadi pelanggan. Facebook menambahkan kampanye propaganda itu menghabiskan 108.000 dolar AS atau Rp1,5 miliar untuk beriklan.

Berita Terkait

Pengguna Facebook di Indonesia 115 Juta Orang Pengguna Facebook di Indonesia 115 Juta Orang
Wah,Harga saham Facebook Kembali Naik Lagi Wah,Harga saham Facebook Kembali Naik Lagi
CEO Facebook Dicecar Senator AS Soal Kebocoran Data CEO Facebook Dicecar Senator AS Soal Kebocoran Data

#Akun facebook #Facebook #kampanye #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar