Beredar Video Kebakaran, Menag: Bukan Tenda Jemaah Indonesia

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto:Kemenag)

Arah -Selama dua hari terakhir beredar video di dunia maya yang menunjukkan terjadinya kebakaran tenda di wilayah Mina. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengkonfirmasi kebakaran tersebut bukan terjadi pada tenda jemaah haji Indonesia.

“Betul kemarin ada sedikit insiden kebakaran tenda di Mina, tapi skupnya kecil saja, terjadi pada siang hari. Dan itu terjadi di tenda-tenda yang akan didiiami jemaah haji Asia Tengah, Asia Selatan dari India, Pakistan, Myanmar, Burma,” jelas Menag di Mina, Senin (5/8/2019).

Menag meminta jemaah tidak panik usai menonton video peristiwa kebakaran tersebut. Dia menyampaikan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tidak ada korban luka. Itu hanya peristiwa kecil dan mudah-mudahan tidak akan terjadi di masa-masa yang akan datang,” kata Menag.

Baca Juga: Waktu yang Dilarang Lontar Jumrah untuk Jemaah Haji Indonesia
Jemaah Haji di Mekkah Gelar Doa Bersama untuk Korban Gempa Banten

Dilansir situs Kemenag, kehadiran Lukman Hakim di Mina untuk memantau kesiapan fasilitas di Mina sebelum masa puncak haji 1440H/2019M. Salah satu inovasi yang dilakukan pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini adalah penomoran tenda Arafah dan Mina.

Dikatakan Menag, tahun ini pemerintah melarang penempelan atribut-atribut lain pada tenda jemaah Indonesia. Menurut Menag pada tahun sebelumnya banyak atribut yang justru membuat area di Arafah Mina menjadi kurang asri bahkan cenderung kumuh.

"Karena memang yang diperlukan adalah identitas nomor-nomor tenda baik di Arafah maupun di Mina, itu sudah lebih dari cukup. Karena di situ ada identitas kloter, ada identitas tenda,” pungkasnya.

Berita Terkait

Jemaah Haji Diimbau Jaga Keseimbangan Ibadah dan Istirahat Jemaah Haji Diimbau Jaga Keseimbangan Ibadah dan Istirahat
Kurangi Kemacetan, Begini Aturan Transportasi Armuzna Kurangi Kemacetan, Begini Aturan Transportasi Armuzna
Penyediaan AC di Arafah Menyangkut Kehidupan Jemaah Haji         Penyediaan AC di Arafah Menyangkut Kehidupan Jemaah Haji

#Ibadah Haji #Jemaah Haji #Lukman Hakim Saifuddin #Mina #Padang Arafah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar