Pentingnya LKHPN Terkait Proses Seleksi Capim KPK

Dok Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto:Arah.com)

Arah - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajak masyarakat untuk terlibat dalam memantau pelaporan kekayaan dalam proses seleksi Pimpinan KPK untuk periode empat tahun mendatang. LHKPN terkait seleksi capim KPK sangat penting karena di dalamnya ada track record, check and balance, good government dan transparansi.

“Kali ini kita pakai LHKPN sebagai pisau bedahnya,” ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam diskusi media berjudul, “Pelaporan Kekayaan Oleh Penyelenggara Negara Dalam Seleksi Pimpinan KPK” di Gedung Merah Putih, Jakarta beberapa waktu lalu..

Lebih lanjut Saut menjelaskan bahwa sejak dilahirkannya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 telah diatur LHKPN merupakan kewajiban bagi setiap orang yang menduduki jabatan penyelenggara negara. Saut mengibaratkan LHKPN sebagai pisau bedah yang dapat menganalisis seseorang dan yang paling utama adalah terujinya integritas seorang capim KPK.

Baca Juga: Cegah Karhutla dengan Pendekatan Kesejahteraan Ekonomi
Rencana Pindah Ibu Kota di Kaltim, Kalsel Atau Kalteng?

Sementara Feri Amsari, akademisi dan ahli hukum tata negara Universitas Andalas mengatakan tidak pantas jika seorang calon pimpinan mencalonkan dirinya ke lembaga yang mengedepankan akuntablitas dan transparansi, namun belum memenuhi kewajibannya dalam pelaporan harta kekayaan.

Dengan adanya pelaporan LHKPN ini, KPK berharap publik ikut serta mengawal dan mengawasi proses seleksi pimpinan KPK untuk dapat melahirkan lima pimpinan baru periode 2019-2023 yang jujur, transparan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas.

Saat ini, 40 peserta seleksi Calon Pimpinan KPK telah dinyatakan lulus Tes Psikologi. Selanjutnya mereka wajib mengikuti seleksi tahap berikutnya, yakni Profile Assessment di Lemhanas, Jakarta, Kamis (8/8/2019) dan Jumat (9/8/2019).

Berita Terkait

KPK Imbau Pejabat Baru Lapor Harta Kekayaan KPK Imbau Pejabat Baru Lapor Harta Kekayaan
28 Pejabat di Bekasi Belum Laporkan Harta Kekayaan Kepada KPK 28 Pejabat di Bekasi Belum Laporkan Harta Kekayaan Kepada KPK
Uji Kompetensi 192 Capim KPK Digelar 18 Juli 2019 Uji Kompetensi 192 Capim KPK Digelar 18 Juli 2019

#Ujian Capim KPK #Pansel KPU #kpk #Laporan Harta Kekayaan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar