KPK Tetapkan 3 Tersangka Suap Lelang Proyek PUPKP Yogyakarta

Komisi Pemberantasan Korupsi (kpk.go.id)

Arah -Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan tiga tersangka dari kegiatan tangkap tangan di Solo dan Yogyakarta pada 9 Agustus 2019. Kegiatan tangkap tangan ini terkait perkara dugaan suap lelang proyek pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta TA 2019.

Setelah melakukan pemeriksaan awal dilanjutkan dengan gelar perkara, KPK menytimpulkan adanya dugaan Tindak Pidana Korupsi memberikan atau menerima hadiah atau janji terkait lelang proyek pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta TA 2019.

Dalam siaran persnya, KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan dan menetapkan tiga tersangka yakni GYA (Direktur Utama PT. Manira Arta Mandiri (Mataram)) sebagai pemberi. Sedangkan dua tersangka lainnya yang diduga sebagai penerima, yakni ESF (Jaksa di Kejaksaan Negeri Yogyakarta, anggota TP4D) dan SSL (Jaksa di Kejaksaan Negeri Surakarta).

Baca Juga: Uang Rampasan Hasil Korupsi Masuk PNBP KPK

Tersangka ESF dan SSL diduga menerima beberapa kali pemberian uang dari GYA terkait lelang proyek pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta TA 2019. Dalam kegiatan tangkap tangan, KPK mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp110.870.000. Uang itu diduga merupakan bagian dari suap yang disepakati, yakni 5 persen dari nilai proyek sebesar Rp8,3 miliar.

Atas perbuatannya, GYA disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara ESF dan SSL disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Untuk keperluan penyidikan, KPK menahan ESF di Rumah Tahanan KPK Cabang Gedung C1 dan GYA di Rumah Tahanan Cabang KPK Gedung Merah Putih. KPK mengimbau agar tersangka SSL, Jaksa di Kejaksaan Negeri Surakarta bersikap koperatif dan menyerahkan diri ke KPK untuk proses hukum lebih lanjut.

Berita Terkait

OTT KPK di Yogyakarta, 4 Orang Ditangkap dan 3 Lokasi Diamankan OTT KPK di Yogyakarta, 4 Orang Ditangkap dan 3 Lokasi Diamankan
KPK Tahan 3 Tersangka Penyuap Hakim PN Bengkulu KPK Tahan 3 Tersangka Penyuap Hakim PN Bengkulu
Anak Buah di Tangkap KPK, Menhub Tak Henti Meminta Maaf Anak Buah di Tangkap KPK, Menhub Tak Henti Meminta Maaf

#ott #Kasus Suap #kpk #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar