Ketua DPR Imbau Semua Pihak Menahan Diri Terkait Papua

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (arah.com/Haryanto)

Arah - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengimbau rakyat Papua menahan diri dan tidak terprovokasi berbagai isu yang ada. Menurut Bamsoet, peristiwa yang terjadi di Papua bukan persoalan sederhana, karena dirinya mengamati ada agenda besar lain sedang dimainkan pihak-pihak tertentu yang tidak menginginkan Papua tetap dalam pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya selaku Pimpinan DPR RI mengimbau saudara-saudara kita yang di Papua dan TNI maupun Polri agar menahan diri. Jangan terprovokasi berbagai isu yang ada. Ini bukan persoalan yang sederhana akibat peristiwa di Surabaya saja. Tapi, saya melihat ada agenda besar sedang dimainkan oleh pihak luar yang tidak menginginkan Papua tetap dalam pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Bamsoet dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Politisi Partai Golongan Karya ini menyesalkan masih ada sikap diskriminatif dan rasis terhadap masyarakat Papua yang terjadi di Surabaya. Untuk itu, Bamsoet berharap itu sebagai peristiwa terakhir dan tidak pernah terulang lagi. Atas kejadian tersebut, Bamsoet atas nama DPR menyampaikan permohonan maaf kepada rakyat Papua serta mengajak semua pihak merajut kembali nilai-nilai kebangsaan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Terus Ikuti Perkembangan di Papua
Pemerintah Lakukan Moratorium Permintaan Daerah Otonomi Baru

Dia berpesan agar seluruh warga negara Indonesia kembali menjaga ke-Indonesia-an serta menjaga Republik Indonesia dari provokasi-provokasi yang ingin memisahkan Papua dari pangkuan Indonesia. Dia melihat ada yang menunggangi dalam aksi membakar kantor DPRD Papua.

“Saya juga meminta kepada TNI-Polri  melakukan langkah-langkah yang lebih persuasif untuk menekan terjadinya gerakan-gerakan separatis. Demikian juga, pada intelijen harus memasang mata dan telinga yang lebih tajam lagi terhadap berbagai gerakan-gerakan yang mengarah pada upaya memecah belah bangsa,” pungkasnya.

Berita Terkait

Presiden Jokowi Terus Ikuti Perkembangan Papua Presiden Jokowi Terus Ikuti Perkembangan Papua
DPR Ingin Pelaku Kekerasan di Sleman Ditindak Tegas DPR Ingin Pelaku Kekerasan di Sleman Ditindak Tegas
Perluas Pasokan Listrik, PLN Serukan Program 'Papua Terang' Perluas Pasokan Listrik, PLN Serukan Program 'Papua Terang'

#Bambang Soesatyo #Ketua DPR RI #Papua #Papua Barat #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar