Suriname Minati Pencak Silat dan Badminton

Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto (Foto: dpr.go.id)

Arah - Pemerintah Suriname meminta olahraga beladiri pencak silat dikembangkan di negara mereka. Selain untuk prestasi, pencak silat juga akan dikembangkan sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah di Suriname untuk memperkuat karakter anak.

 “Hari ini Delegasi DPR RI bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Pendidikan dan Menteri Luar Negeri Suriname. Khusus (saat pertemuan dengan) Menteri Pemuda dan Olahraga, beliau minta (dikirim) pelatih pencak silat untuk kegiatan ekstrakurikuler,” ujar Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto di Paramaribo, Suriname, Selasa (20/8/2019).

Menurut Utut dilansir dpr.go.id, potensi Indonesia di cabang olahraga bulu tangkis (badminton) juga membuat Menpora Suriname terkesan.

“Karena di Benua Amerika ini kan ada pekan American Games, seperti Asian Games di kita. Dan cabang badminton dimasukkan ke dalam cabang yang dipertandingkan. Itulah kenapa mereka minta pelatih untuk kedua hal itu,” ungkapnya.

Sementara Menteri Pendidikan Suriname meminta Indonesia memperbanyak penerima Darmasiswa. Darmasiswa adalah beasiswa yang diberikan kepada pelajar asing yang negaranya memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia dan untuk mempelajari bahasa, seni, dan budaya.

“Untuk Mendikbud ada keinginan meminta diperbanyaknya Darmasiswa, pertukaran antara siswa dari suriname. Juga orang Indonesia ke sini. Itu tentu akan kita teruskan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Yang jelas dari kita bertemu dengan lima tokoh besar di sini,” kata Utut.

Baca Juga: Ketua DPR Imbau Semua Pihak Menahan Diri Terkait Papua
Presiden Jokowi Terus Ikuti Perkembangan di Papua

Selain itu Menteri Pendidikan Suriname juga mengungkapkan kekagumannya dengan pendidikan Indonesia. Pasalnya, dengan jumlah penduduk yang hampir 520 kali lipat lebih banyak dari Suriname, Indonesia bisa mendidik anak-anak bangsa.

“Rasanya ada konektivitas. Selain pendekatan kultur, karena kan 15 persen penduduk Suriname adalah keturunan Jawa, juga ada konektivitas di lifestyle. Ini yang kemungkinan bisa kita tindaklanjuti lebih konkret,” pungkasnya.

Berita Terkait

Jakpro Iinvestigasi Penyebab Rubuhnya Tiang LRT Jakpro Iinvestigasi Penyebab Rubuhnya Tiang LRT
Rizieq Minta BIN Berhenti Memata-matai Ulama Rizieq Minta BIN Berhenti Memata-matai Ulama
257 Orang Pelaku Kericuhan Diamankan 257 Orang Pelaku Kericuhan Diamankan

#Suriname #Pencak Silat #bulu tangkis #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar