Penelitian Ungkap Messi Atau Ronaldo yang Terbaik

Megabintang Barcelona Lionel Messi (Youtube/CX)

Arah -Siapa yang terbaik dari dua megabintang sepakbola ini, Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo? Pertanyaan yang sulit dijawab karena keduanya sama-sama sering disebut sebagai pemain terbaik dunia dalam satu dekade terakhir.

Sebelum Luka Modric yang memenangi Ballon d'Or tahun lalu, Messi dan Ronaldo adalah dua nama yang mendominasi penghargaan individu bergengsi itu. Keduanya berbagi masing-masing lima gelar Ballon d'Or.

Institut Pendidikan dan Penelitian Universitas Katolik Leuven, Belgia dilansir Evening Standard melakukan penelitian performa keduanya di liga selama lima tahun. Dijelaskan Profesor Jesse Davis, penelitian tidak hanya jumlah gol dan assist tetapi menyeluruh termasuk jumlah tembakan, umpan, dan tekel.

Penelitian ini menggunakan metode Valuing Actions by Estimating Probalities (VAEP) dengan menghitung keterlibatan pemain dalam sebuah pertandingan. Hasil penetian menunjukkan skor VAEP Messi 1.21 per laga atau dua kali lipat dari Ronaldo yakni 0.61. 

"Nilai pesepakbola sering ditentukan gol dan assist. Gol adalah momen yang jarang, sebab ada rata-rata 1.600 aksi yang diperkirakan terjadi dalam setiap pertandingan," ujarnya.

Baca Juga: Ronaldo: Juventus Bakal Juara Liga Champions
Gol Terbaik FIFA, Persaingan Messi dan Ibrahimovic

Mahasiswa tingkat doktoral Tom Decroos merinci lebih jauh, skor keduanya hampir sama di musim 2014-015, namun sejak 2015-16, skor La Pulga terus meningkat.

"Messi luar biasa di bidang ini: pemain Argentina ini memiliki jumlah aksi yang sangat tinggi dan juga memiliki nilai tinggi," kata Decroos.

Berita Terkait

Sebut Ronaldo Selevel, Messi Rindu Rivalitasnya dengan CR7 Sebut Ronaldo Selevel, Messi Rindu Rivalitasnya dengan CR7
Ngamuk! Real Madrid Bantai Deportivo 7-1 Ngamuk! Real Madrid Bantai Deportivo 7-1
Berharap Messi-Ronaldo Reuni di Liga Champions                   Berharap Messi-Ronaldo Reuni di Liga Champions

#Lionel Messi #Real Madrid #Barcelona #Cristiano Ronaldo #Juventus #La Liga #Liga Spanyol #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar