Waspadai Gangguan Pendengaran pada Lansia

Ilustrasi gangguan pendengaran (Pixabay)

Arah - Gangguan pendengaran menyebabkan hambatan komunikasi yang pada gilirannya dapat meningkatkan stres serta berhubungan dengan penurunan kognitif dan demensia. Pada orang lanjut usia (lansia) kehilangan pendengaran bisa terkait dengan penyakit mental, fisik, dan sosial.

Tim peneliti di Universitas Tsukuba Jepang memaparkan hubungan gangguan pendengaran dan penyakit lain pada lansia. Penelitian itu dipublikasikan dalam jurnal Geriatrics and Gerontology International.

Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari Survei Komprehensif Kondisi Kehidupan Jepang skala besar 2016, kuesioner cross-sectional berbasis populasi secara nasional yang jumlahnya lebih dari 220.000 rumah tangga. Target responden dalam penelitian ini 137.723 orang berusia 65 atau lebih yang bukan penderita demensia.

"Jepang merupakan negara yang paling cepat menua di dunia, dan ini kumpulan data besar akurat dari warga negaranya. Ini menjadi dasar yang kuat untuk meneliti korelasi gangguan pendengaran dengan tiga masalah utama: keterbatasan aktivitas di luar ruangan, tekanan psikologis, dan kehilangan memori," ujar Masao Iwagami, penulis utama penelitian seperti dilansir Times Now News.

Baca Juga: Pekerja Lansia Lebih Dapat Dipercaya Dibanding Tenaga Muda
5 Negara Terbaik untuk Lansia Menikmati Masa Tua

Hasil penelitian menunjukkan sekitar 9 persen dari 137.723 responden yang diperiksa melaporkan gangguan pendengaran yang juga seiring bertambahnya usia.

Tim peneliti kemudian memperbaiki analisis dengan memperhitungkan sejumlah faktor seperti merokok, asupan alkohol, dan pendapatan. 

Dari responden yang melaporkan keterbatasan dalam kegiatan di luar ruangan seperti berbelanja atau bepergian, 28,9 persen vs 9,5 persen.

Untuk tekanan psikologis, 39,7 persen vs 19,3 persen. Sedangkan untuk kehilangan ingatan, kesenjangan adalah yang paling mendalam, 37,7 persen vs 5,2 persen.

Menurut tim peneliti, gangguan pendengaran sangat merugikan lansia dalam banyak hal. Kesadaran yang lebih besar atas beban gangguan pendengaran akan membantu meningkatkan kualitas hidup mereka.

Peneliti mengatakan alat bantu dengar dan dukungan sosial dari masyarakat juga dapat membantu para penderita gangguan pendengaran.

Berita Terkait

Benarkan Jamur Maitake Bisa Sembuhkan Kanker? Benarkan Jamur Maitake Bisa Sembuhkan Kanker?
Kenali Gejala Penyakit Hiperhidrosis Pada Telapak Tangan Anda Kenali Gejala Penyakit Hiperhidrosis Pada Telapak Tangan Anda
14.520 Lansia Jakarta Dapat Kartu Bantuan KLJ 14.520 Lansia Jakarta Dapat Kartu Bantuan KLJ

#Lansia #Gangguan Pendengaran #kesehatan #Info Kesehatan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar