Survei: Warga Negeri Jiran Cemas Menuju Masa Tua

Ilustrasi lansia (Pixabay)

Arah - Banyak warga Malaysia yang merasakan kecemasan dengan masa tua mereka. Hasil penelitian Ipsos menunjukkan, Negeri Jiran menjadi negara keempat dari 29 negara yang warganya cemas dengan lanjut usia (lansia).

Studi ini merupakan hasil survei Global Advisor pada 24 Agustus-7 September 2018. Penelitian ini menggunakan sistem Panel Ipsos Online, melibatkan 20.788 reponden berusia 16-64 tahun di 29 negara, termasuk Malaysia.

Studi terbaru Ipsos tentang ‘Aging in Malaysia’ seperti dikutip Bernama menunjukkan 62 persen warga Malaysia mengkhawatirkan penuaan dibanding rata-rata 52 persen populasi kecemasan di seluruh dunia. Sebagai pembanding, warga India (45 persen), Amerika Serikat (48 persen) dan Inggris (50 persen).

Studi ini juga menyebutkan 49 persen warga Malaysia tidak optimis dengan proses penuaan dan tidak menantikannya. Angka ini berbeda dengan negara lainnya seperti India di mana 73 persen warga yang diteliti optimistis dan di Turki 67 persen.Meski demikian, 85 persen warga Malaysia yang disurvei berharap dapat menjalani masa tua dalam kondisi sehat.

Baca Juga: Pekerja Lansia Lebih Dapat Dipercaya Dibanding Tenaga Muda
Waspadai Gangguan Pendengaran pada Lansia

Namun kurangnya optimisme warga Malaysia terkait penuaan diimbangi kepercayaan mereka terhadap teknologi. Sebanyak 60 persen responden mempercayai kemajuan teknologi akan memudahkan hidup mereka di masa tua. Angka ini lebih tinggi di banding Prancis dan Belgia 44 (persen), Swedia (46 persen), Hungaria dan Republik Ceko (48 persen) dan Inggris (51 persen).

Apa hal terburuk yang dikhawatirkan saat tua nanti? Secara global 30 persen khawatir tidak memiliki cukup uang di usia tua, 26 persen khawatir kehilangan mobilitas, 24 persen khawatir kehilangan ingatan dan 22 persen khawatir tidak mampu melakukan hal-hal seprti yang dilakukan orang lain.

Berita Terkait

Bekerja Dari Rumah Ternyata Membuat Seseorang Lebih Gampang Stres Bekerja Dari Rumah Ternyata Membuat Seseorang Lebih Gampang Stres
Kenapa Menggaruk Jadi Menular? Ini Penjelasan Ilmiahnya Kenapa Menggaruk Jadi Menular? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Mengapa Luka Lama Sembuh? Ini Penyebabnya Mengapa Luka Lama Sembuh? Ini Penyebabnya

#Lansia #Penelitian #kesehatan #Malaysia #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar