Mobil Listrik Salah Satu Solusi Kurangi Polusi Udara

Menhub Budi Karya Sumadi saat menjajal mobil listrik, di Jakarta, Jumat (23/8). (Foto: Humas Kemenhub)

Arah -Kehadiran mobil listrik menjadi keniscayaan bagi Indonesia, terutama jika dikaitkan dengan masalah lingkungan. Kendaraan listrik bisa menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan polusi udara, seperti yang terjadi di ibukota Jakarta

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pengoperasian angkutan umum berbasis tenaga listrik, selain mendukung pelestarian lingkungan, juga memberikan nilai tambah terkait program ketahanan dan bauran energi nasional, program pengurangan penggunaan dan subsidi BBM, serta program pengurangan emisi gas buang yang dilaksanakan pemerintah.

“Jadi memang suatu inisiatif yang lengkap dari kita menyelesaikan masalah lingkungan, menyelesaikan kekurangan energi kita, lalu kita melakukan investasi, lalu kita melakukan kegiatan-kegiatan ekspor, ini suatu narasi yang sangat positif,” ujarnya di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Sebagai regulator, lanjut dia, Kemenhub telah menyiapkan kebijakan untuk memberikan insentif dan kemudahan bagi pihak-pihak yang akan melakukan uji tipe kendaraan mobil listrik. Dia mencontohkan beberapa universitas yang sudah berupaya untuk mengajukan uji tipe.

“Kami sangat terbuka, bahkan beberapa universitas kami catat sudah berupaya untuk mengajukan uji tipe. Artinya dunia pendidikan juga memberikan suatu perhatian yang luar biasa. Oleh karenanya kami mengharapkan kolaborasi yang baik dari regulator, industriawan, dan pelaku-pelaku usaha transportasi,” katanya.

Baca Juga: Kini Penyetoran Penerimaan Negara Bisa Lewat Satu Portal
BI Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan Menjadi 5,50%

Menhub mengatakan, penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan bisa dimanfaatkan untuk angkutan transportasi massal seperti Transjakarta maupun Damri sebagai angkutan perkotaan. Selain itu, juga untuk angkutan taksi. Dia mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh beberapa operator transportasi yang telah mengoperasikan mobil listriknya.

“Transjakarta sudah menyampaikan pada saya, dalam waktu dekat ini juga akan mengoperasikan bus listrik. Artinya dalam segala keterbatasan para operator ini sudah berniat untuk melakukannya. Tentu banyak PR yang perlu kita lakukan, stasiun pengisian, harga khusus dari PLN, tentunya kita harapkan itu dari semua pihak," pungkasanya.

Berita Terkait

Sumber Utama Polusi, Transportasi Ibu Kota Perlu Diatur Kembali Sumber Utama Polusi, Transportasi Ibu Kota Perlu Diatur Kembali
3.000 Ton Beras Digelontorkan di Jakarta  3.000 Ton Beras Digelontorkan di Jakarta
OK OCE Akan Fasilitasi Permodalan ke Lembaga Keuangan OK OCE Akan Fasilitasi Permodalan ke Lembaga Keuangan

#Mobil Listrik #Kemenhub #polusi udara #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar