6 Tips Jitu Gandeng Mitra Bisnis

ilustrasi bisnis (foto/pixabay)

Arah - Tidak semua orang bisa memulai usaha secara mandiri, dalam artian menjalankan bisnis sendiri. Adanya beberapa keterbatasan ini mengharuskan mereka menggandeng mitra bisnis.

Selain keterbatasan modal, orang menjalin kemitraan karena minimnya keterampilan wirausaha, belum memiliki jaringan bisnis atau ingin berbagi risiko. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangkan dalam memilih mitra bisnis:

Baca Juga: Video: 6 Peluang Bisnis Yang Tak Ada Matinya
Tips Sukses Kembangkan Bisnis Sektor Pariwisata

1. Kedekatan emosional
Memilih mitra bisnis tidak harus orang yang belum Anda kenal. Anda bisa menjadikan orang yang memiliki kedekatan emosional sebagai mitra bisnis. Ini akan memudahkan komunikasi dengan mitra bisnis Anda.

2. Jujur
Kejujuran merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis. Karena itu, pilih mitra bisnis yang jujur untuk kelangsungan usaha Anda. Jangan sampai Anda mendapat masalah dalam menjalankan usaha hanya karena mitra Anda yang tidak jujur.

3. Memiliki skill
Mitra bisnis dengan skill sesuai bidangnya akan mempermudah Anda dalam mengelola bisnis bersama. Selain itu, Anda bisa meminta masukan kepada mitra Anda untuk kemajuan usaha bersama dan mencari solusi ketika menghadapi kendala dalam menjalankan bisnis.

4. Bisa bekerja sama
Tujuan utama kemitraan untuk menjalin kerja sama saling menguntungkan satu sama lain. Untuk mewujudkan itu, pilih mitra usaha yang bisa diajak bekerja sama. Kelangsungan usaha Anda bergantung pada kerja sama yang terjalin dengan mitra Anda.

5. Memiliki kompetensi
Pilih mitra bisnis yang memiliki kompetensi di bidangnya. Kalau ada, pilih mitra bisnis yang memiliki keahlian berbeda dengan Anda sehingga bisa saling melengkapi kekurangan. Tapi ini bukan suatu keharusan karena tidak mudah menemukan mitra usaha seperti itu.

6. Komunikatif
Menjalin kemitraan berarti membangun usaha bersama. Dalam menjalankan bisnis bersama, tentu tidak akan lepas dari berbagai masalah. Karena itu, mitra bisnis yang komunikatif akan membantu Anda dalam mencari solusi.

Berita Terkait

Jangan Sampai Modal Jadi Penghalang Kesuksesan Anda Jangan Sampai Modal Jadi Penghalang Kesuksesan Anda
Antara Uang dan Kehormatan Versi Jack Ma Soal Bisnis Antara Uang dan Kehormatan Versi Jack Ma Soal Bisnis
Tips Untuk Pebisnis Muda Kembangkan Usaha Tips Untuk Pebisnis Muda Kembangkan Usaha

#tips #tips bisnis #Sukses Bisnis #ide bisnis #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar