YouTube Langgar Privasi Anak, Google Bayar Denda Rp2,8 Triliun

Logo YouTube, situs berbagi video besutan Google Inc. (Foter/Rego - d4u.hu)

Arah - Google kemungkinan akan mengakhiri penyelidikan Federal Trade Commission (FTC) dengan membayar denda 150 juta dolar AS-200 juta dolar AS (sekitar Rp2,8 triliun). Penyelidikan FTC terkait pengumpulan data dan praktik target iklan dan video di YouTube yang dinilai melanggar Undang Undang Privasi Anak.

Dilansir The Verge, Senin (2/9/2019), Google memamerkan portal baru YouTube Kids, lengkap dengan filter konten baru yang lebih ketat. Selain itu, sejumlah aturan terkait masalah privasi anak juga diubah. Tak jelas apakah, kebijakan ini terkait dengan dengan penyelesaian FTC atau tidak.

Perubahan paling mencolok dalam pemblokiran lebih ketat terhadap video kekerasan atau dewasa yang ditargetkan untuk anak. Tak hanya itu, YouTube juga memblokir targeted ads untuk video anak-anak.

Banyak pihak menilai denda untuk YouTube ini terlalu ringan termasuk Senator Ed Markey. Dia menyebut denda itu hanya sekadar penyelesaian partisan.

"Sekali lagi FTC membiarkan perusahaan kuat lepas dari masalah dengan denda setelah mereka melanggar privasi penggunanya di dunia maya. Kita berutang pada anak-anak untuk melawan perusahaan yang melanggar privasi anak dan melanggar hukum federal," tandasnya.

Kelompok advokasi, Public Citizen menyebut denda itu jelas-jelas gagal melindungi hak anak-anak.

"(Denda itu) jelas tak cukup untuk menghukum Google atau perusahaan lain yang melanggar di masa mendatang," tegas Public Citizen.

Baca Juga: Masuk 5 Besar, Penjualan Xiaomi Ancam Apple
Ronaldo Dongkrak Jumlah Pengikut Instagram Juventus Gusur MU

Video yang menampilkan konten anak-anak di YouTube cukup menarik perhatian. Pew Research Center menganalisa hampir 44 ribu Channel YouTube dengan lebih dari 250 ribu pelanggan pada pekan pertama tahun 2019.

Dari 243 ribu video yang diunggah pada rentang waktu itu, hanya 2 persen menampilkan bocah berusia di bawah 13 tahun. Rata-rata jumlah Jumlah penonton rata-rata sekitar 57 ribu dan 14 ribu orang. Kemudian kanal yang mengunggah setidaknya satu video yang menampilkan seorang anak rata-rata memiliki 1,8 juta subscribers.

Berita Terkait

 Google akan Buat Ponsel Android Edisi Khusus YouTube? Google akan Buat Ponsel Android Edisi Khusus YouTube?
Server Google Bermasalah di AS, Youtube dan Snapchat Terganggu Server Google Bermasalah di AS, Youtube dan Snapchat Terganggu
Google Didenda di India karena Salahgunakan Dominasi Google Didenda di India karena Salahgunakan Dominasi

#YouTube #Denda #Google #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar