Pembatasan Medsos di Papua Diharapkan Bisa Dicabut 5 September

Menko Polhukam Wiranto (setkab.go.id)

Arah - Menko Polhukam Wiranto mengatakan suasana di Papua dan Papua Barat saat ini sudah mulai kondusif. Menurutnya hoaks sudah berkurang dan hasutan sudah hampir tidak ada.

Wiranto mengaku sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN mengenai kemungkinan mencabut pembatasan media sosial serta pembatasan internet yang dilakukan pemerintah di Papua dan Papua Barat.

“Kondisi daerah sudah stabil, tetapi dari informasi yang kita dapat, dari analisis prediksi keamanan, kita masih mohon waktu sebentar. Tanggal 5 (September) nanti kalau keadaan betul-betul kondusif kita buka kembali internet,” ujar Wiranto dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Sebelumnya Wiranto menyampaikan, pembatasan media sosial serta pembatasan internet di Papua dan Papua Barat merupakan reaksi dari satu kondisi yang terjadi dan dapat membahayakan keamanan nasional.

“Karena banyak yang campur tangan dan menggunakan kesempatan untuk ikut-ikutan, serta mengacaukan keadaan itu dengan alat media sosial atau internet,” terang Wiranto.

Baca Juga: Wiranto Ungkap Hasil Pertemuan dengan Sejumlah Tokoh Papua
Rudiantara Sebut Ada yang Potong Kabel Optik Telkomsel di Papua

Dia menjelaskan, pada saat masyarakat melihat banyaknya hoaks, hasutan, dan tone negative tentang apa yang terjadi di sana akan menambah keadaan menjadi kacau. Karena itu, sesuai dengan UU, sebagian daerah dibatasi jaringan internetnya. 

Berita Terkait

Kominfo Blokir Sementara Layanan Data di Papua dan Papua Barat Kominfo Blokir Sementara Layanan Data di Papua dan Papua Barat
Kemenkominfo Lanjutkan Blokir Akses Data di Papua dan Papua Barat Kemenkominfo Lanjutkan Blokir Akses Data di Papua dan Papua Barat
Ketua DPR Imbau Semua Pihak Menahan Diri Terkait Papua Ketua DPR Imbau Semua Pihak Menahan Diri Terkait Papua

#Media Sosial #internet #Papua #Papua Barat #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar