Andai 2006 Sudah Ada VAR, Arsenal Bisa Juara Liga Champions

Manajer Arsenal Arsene Wenger (Foter.com/Ronnie Macdonald)

Arah - Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger menyesalkan Video Assistant Referee (VAR) belum digunakan pada tahun 2006. Menurut Wenger, jika saat itu sudah ada VAR, The Gunners bisa juara Liga Champions musim 2005-06.

Dia menyakini jika VAR telah digunakan saat itu mengubah sejarah Arsenal. Pernyataan Wenger merujuk pada partai final Liga Champions musim 2005-06 yang mempertemukan Arsenal dengan Barcelona.

Final itu merupakan yang pertama bagi Arsenal di kompetisi kasta tertinggi Eropa. Setelah final itu, hingga kini Arsenal belum pernah mengulanginya lagi.

Wenger menjadi saksi kekalahan timnya 1-2 dari Barcelona di Stade de France, Prancis. Arsenal sempat membuka harapan lewat Sol Campbell yang membawa The Gunners memimpin 1-0. Namun Barcelona bereaksi dengan mencetak dua gol yang dibukukan Samuel Eto'o dan Juliano Belletti.

Dalam sesi wawancara dengan beinSPORTS dikutip Mirror, The Professor ini mengatakan Arsenal bakal menjadi juara seandainya VAR sudah digunakan pada laga final itu. Dia mengklaim gol penyeimbang Blaugrana yang dicetak Eto'o tidak sah karena offside.

"Saya berharap VAR sudah digunakan pada pertandingan Liga Champions 2006, sebab saya pikir gol Eto'o offside. Itu pasti akan mengubah sejarah Arsenal Football Club," ungkap Wenger.

Baca Juga: Pemain Chelsea Ini Rekrutan Keenam Arsenal di Musim Panas 2019
Alasan Mengejutkan David Luiz Tinggalkan Chelsea Gabung Arsenal

Di Liga Champions, VAR pertama kali digunakan di babak 16 besar musim 2018-19. Penerapan teknologi tersebut lebih cepat dari rencana semula yang baru akan digunakan di Liga Champions musim 2019-20.

Sebelumnya, VAR telah digunakan di Piala Dunia 2018. VAR pertama kali digunakan pada laga Prancis vs Australia di Stadion Kazan Arena.

Berita Terkait

Wenger Diskors Empat Pertandingan Karena Lakukan... Wenger Diskors Empat Pertandingan Karena Lakukan...
Highlight: Bayern Paksa Arsenal Telan Kekalahan Telak 5-1 Highlight: Bayern Paksa Arsenal Telan Kekalahan Telak 5-1
Dua Kali Seri, Klopp Yakin Lolos babak 16 besar Liga Champions Dua Kali Seri, Klopp Yakin Lolos babak 16 besar Liga Champions

#VAR #Arsenal #Arsene Wenger #Liga Champions #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar