Saatnya Telah Tiba Bagi Jack Ma Pensiun

Pendiri Alibaba Grup Jack Ma (wikipedia)

Arah - Setahun yang lalu, Jack Ma mengumumkan akan mundur sebagai chairman Alibaba, perusahaan e-commerce yang dibesarkannya. Kini saatnya Jack Ma meninggalkan Alibaba.

Dikutip dari Economic Times, pengusaha berusia 55 tahun ini akan resmi meninggalkan Alibaba tepat di hari ulang tahunnya pada Selasa (10/9/2019).

Setelah pensiun, Jack Ma akan menghabiskan waktunya untuk kegiatan amal dan pendidikan. Sebelum sukses menjadi pengusaha, Jack Ma merupakan seorang guru yang mencintai dunia pendidikan.

Jack Ma mendirikan Alibaba bersama rekan-rekannya pada tahun 1999 dan terus berkembang menjadi raksasa e-commerce. Menurut Forbes, saat ini kekayaan Jack Ma di kisaran 41 miliar dolar AS.

Pengganti Jack Ma sebagai Chairman adalah Daniel Zhang yang telah diumumkan tahun lalu. Saat ini Zhang adalah CEO Alibaba.

Meski pensiun bukan berarti Jac Ma benar-benar meninggalkan Alibaba. Dia akan menjadi penasihat Alibaba. Proses pergantian pucuk pimpinan Alibaba tanpa gejolak dinilai sebagai budaya yang bagus.

"Dia membangun budaya yang kuat di Alibaba dan mereka masih gila berinovasi," ujar Jeffrey Towson, profesor di Peking University.

Baca Juga: Alibaba Jual 80.000 Durian Thailand Dalam Semenit
Data Center Alibaba Cloud Beroperasi di Indonesia

Jumlah pengguna mencapai 750 juta perbulan, Alibaba membantu UKM di China mengembangkan usahanya, terutama melalui platform Taobao dan Tmall.

"Ma pelopor perkembangan industri dan ekonomi internet China. Dia godfather entrepreneur China," kata pembuat perabot, Cheng Huaibao.

Berita Terkait

Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional
2.000 Wartawan Diperkirakan Liput Asian Games 2018 2.000 Wartawan Diperkirakan Liput Asian Games 2018
Tips Belanja Mudah dan Aman di Situs e-Commerce Tips Belanja Mudah dan Aman di Situs e-Commerce

#Alibaba #jack ma #china #e-commerce #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar