PSSI Gelar KLB 2 November, Pendaftaran Calon Ketum Telah Dibuka

Logo Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (pssi.org)

Arah -  PSSI memutuskan akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta pada 2 November 2019. Agenda KLB pemilihan Ketua Umum, Wakil, dan Anggota Komite Eksekutif PSSI untuk periode 2019-2023.

Keputusan menggelar KLB diambil setelah PSSI menjalni komunikasi secara intens dengan FIFA. Terkait dengan agenda KLB, Komite Pemilihan PSSI mulai membuka pendaftaran mulai Kamis 12 September - 3 Oktober 2019.

Pemberitahuan kekurangan dokumen pencalonan akan dilaksanakan pada 30 September - 6 Oktober 2019. Adapun batas kandidat untuk melengkapi dokumen pada 1 Oktober-8 Oktober 2019.

“Pengumuman kandidat sementara akan kami sampaikan pada 9 Oktober-13 Oktober 2019. Kami memberikan waktu banding untuk para kandidat pada 10 Oktober sampai 16 Oktober 2019. Pengumuman hasil banding akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2019,” ujar Ketua Pemilihan PSSI, Syarif Bastaman di situs PSSI.

Sementara itu, pemberitahuan kepada anggota atas daftar calon tetap pada 23 Oktober 2019. Periode kampanye diberikan kesempatan pada 24 Oktober-31 Oktober 2019.

Mengenai persyaratan umum calon, Syarif menjelaskan, setiap calon harus bersedia menandatangani surat pernyataan untuk mengikuti prosedur integrity check sesuai statuta dan kode pemilihan PSSI. Selain itu juga bersedia mengikuti prosedur sosialisasi PSSI yang telah ditetapkan oleh Komite Pemilihan dan Komite Banding.

Baca Juga: PSSI Percepat Kongres Pemilihan pada 2 November 2019
Ini 3 Agenda Utama KLB PSSI 2019 di Jakarta

Adapun kriteria lain yang harus dipenuhi, minimal berusia 30 tahun pada 2 November 2019, yaitu kelahiran 2 November 1989 atau sebelumnya. Memiliki pengalaman selama 5 tahun (baik berturut-turut atau tidak) dalam mengelola sepak bola di PSSI.

Aktif di sepak bola Indonesia yang dapat dibuktikan dengan surat dukungan/rekomendasi dari anggota PSSI yang ditandatangani pihak berwenang dan disepakati internal anggota PSSI.

Memiliki pengetahuan tata kelola sepak bola (football governance) dan hukum sepak bola (football laws). Memiliki pengalaman dalam posisi strategis/pengambil keputusan baik di pemerintahan ataupun swasta.

Memahami, menyetujui, memiliki kemampuan, kecakapan untuk mensukseskan dan mengembangkan program PSSI yang sejalan dengan program FIFA dan AFC (sebagaimana tercantum dalam panduan pemilihan Komite Eksekutif PSSI sebagai pedoman dasar pengelolaan).

Untuk persyaratan individu, Syarif menyebut ada delapan lampiran yang harus dilengkapi yakni pas foto berwarna back ground biru (4x6) 4 lembar, curriculum vitae (cv) yang menyatakan 5 tahun aktif di sepak bola, surat keterangan dari anggota PSSI terkait untuk setiap pengalaman yang dicantumkan. Berikutnya foto copy KTP atau identitas diri lainnya, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), surat keterangan tidak pernah dipidana dari pengadilan negeri setempat, surat hasil pemeriksaan integritas dari Komite Disiplin PSSI dan Formulir A-2.

Berita Terkait

PSSI Siapkan Kongres Luar Biasa, Apa Agenda Utamanya?           PSSI Siapkan Kongres Luar Biasa, Apa Agenda Utamanya?
Joko Driyono Jalani Sidang Perdana Kasus Pengaturan Skor Joko Driyono Jalani Sidang Perdana Kasus Pengaturan Skor
Timnas Indonesia Jalani Pemusatan Latihan di Australia Timnas Indonesia Jalani Pemusatan Latihan di Australia

#PSSI #KLB PSSI 2019 #FIFA #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar