Presiden Perintahkan Kementerian Terkait Koordinasi Atasi Kahutla

Dok Kebakaran hutan dan lahan (Foto:setkab.go.id)

Arah - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan kementerian dan pihak terkait untuk berkoordinasi dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. Perintah itu disampaikan Presiden melalui sambungan telepon Jumat (13/9/2019).

Dilansir BPM Setpres, perintah Presiden ditujukan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Kepada Biro Pers Sekretariat Presiden, Panglima TNI menjelaskan pihaknya telah melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau Hujan Buatan di wilayah yang terkena karhutla.

“Hasil hujan buatan (Jumat), hujan di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau,” ujar Panglima TNI.

Baca Juga: Habitat di Taman Hutan Raya Bukit Soeharto Akan Dijaga
Rehabilitasi Hutan dan Lahan dengan Macadamia

Lebih lanjut, Panglima TNI juga mengatakan akan mengirim tambahan pesawat CN-295 dan Hercules untuk kembali membuat Hujan Buatan dengan skala yang lebih besar.

“(Sabtu) kita tambah pesawat untuk menebar garam langsung 3,5 ton sekaligus dengan pesawat CN,” kata Panglima TNI dilansir (BPMI SetpresMenurut Panglima TNI, dirinya dan Kapolri sudah terjun langsung ke lapangan untuk menangani karhutla beberapa waktu lalu.

 

Berita Terkait

Kabut Asap Makin Tebal, Pelajar di Aceh Tumbang Kabut Asap Makin Tebal, Pelajar di Aceh Tumbang
Kebakaran Lahan di Riau Capai 633 Hektare Kebakaran Lahan di Riau Capai 633 Hektare
1.963 Desa Terdampak Kekeringan, Permintaan Hujan Buatan Mengalir 1.963 Desa Terdampak Kekeringan, Permintaan Hujan Buatan Mengalir

#kebakaran lahan #Kebakaran Hutan #presiden jokowi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar