Revisi UU MD3 Disahkan, Pimpinan MPR Jadi 10 Orang

Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta. (id.wikipedia.org)

Arah - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan revisi Undang-undang (RUU) Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) dalam Rapat Paripurna DPR RI. Revisi ketiga UU ini menghasilkan ketentuan jumlah pimpinan MPR bertambah menjadi 10 orang sesuai jumlah fraksi.

Dalam Rapat Paripurna, Wakil Ketua Badan Legislatif (Baleg) DPR Totok Daryanto menyampaikan hasil kesepakatan DPR dan pemerintah terkait penambahan jumlah pimpinan MPR. Sepuluh fraksi. lanjut dia, menyetujui revisi ketiga UU MD3.

"Pada akhirnya, sepuluh fraksi di Badan Legislasi (Baleg) DPR pada akhir pembicaraan tingkat I pada 13 September 2019 dalam pandangannya menyetujui revisi ketiga UU nomor 17 tahun 2014 tentang MD3," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Ada dua materi yang direvisi dalam UU MD3, yakni Pasal 15 dan penghapusan Pasal 427C. Revisi UU MD3, Pasal 15 Ayat 1 menyatakan pimpinan MPR terdiri atas Ketua dan Wakil Ketua yang merupakan representasi dari masing-masing fraksi dan kelompok anggota yang dipilih dari dan oleh anggota MPR.

"Apakah pembicaraan tingkat II atau pengambilan keputusan terhadap RUU tentang perubahan ketiga atas UU nomor 17 tahun 2014 tentang MD3 dapat disetujui menjadi UU?," tanya Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang memimpin Rapat Paripurna kepada seluruh anggota dewan yang hadir.

"Setuju," jawab seluruh anggota dewan yang hadir.

Baca Juga: Rapat Paripurna DPR Tetapkan 5 Pimpinan KPK Baru
DPR dan Pemerintah Sepakat Revisi UU MD3

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang hadir dalam Rapat Paripurna mengapresiasi pengesahan UU MD3. Menurut Tjahjo, alasan revisi UU MD3 agar MPR lebih efektif dan akuntabel.

"Ini sesuai dengan sila ke-4 Pancasila, dan turut menjaga keseimbangan antara sistem presidensil dalam sistem politik di Indonesia," katanya.

Berita Terkait

DPR: Kesejahteraan Harus Dirasakan Semua Masyarakat DPR: Kesejahteraan Harus Dirasakan Semua Masyarakat
DPR dan Pemerintah Sepakat Revisi UU MD3 DPR dan Pemerintah Sepakat Revisi UU MD3
Pertama Kali Dibahas, DPR-Mendagri Rapat Soal Perppu Ormas Pertama Kali Dibahas, DPR-Mendagri Rapat Soal Perppu Ormas

#paripurna dpr #DPR #Kemendagri #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar